Home > Berita Euro > Rekor Umpan Terbanyak Sejarah Euro, Tapi Gagal Menang

Rekor Umpan Terbanyak Sejarah Euro, Tapi Gagal Menang

Spanyol menorehkan sejumlah rekor luar biasa saat berhadapan dengan Swedia dalam partai Matchday 1 Grup E Euro 2020 pada Selasa (15/6/2021) dini hari WIB. Dalam pertandingan yang diadakan di Estadio La Cartuja, Sevilla ini, Spanyol hanya mampu bermain imbang tanpa gol selama 2×45 menit walau tampil cukup dominan hampir sepanjang pertandingan.

Berkat hasil ini, Spanyol harus puas hanya menempati posisi kedua di tabel klasemen sementara Grup E. Sementara itu, posisi puncak menjadi milik Slovakia yang mengalahkan Polandia 2-1. Spanyol memang sangat menguasai jalannya permainan melawan Swedia. Pasukan Luis Enrique mencatatkan angka penguasaan bola sampai 85 persen.

Baca Juga : Alvaro Morata Buang Peluang, Spanyol Jadi Gagal Menang

Menukil Opta, penguasaan bola sebanyak 85 persen ini menjadikan Spanyol tim pertama yang melakukannya di ajang Euro sejak data statistik dikumpulkan pada 1980 silam. Selain itu, Spanyol juga tercatat melepas 419 umpan sepanjang babak pertama. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dilakukan sebuah tim di babak pertama pertandingan Piala Eropa.

Spanyol juga melepas 303 umpan di area permainan lawan di babak pertama, terbanyak yang bisa dilakukan sebuah tim di ajang Euro. Sementara itu, Swedia hanya mencatat 38 umpan di area permainan Spanyol, paling sedikit dalam sejarah Euro. . . . Gabung . . . Di akhir pertandingan, Spanyol tercatat melepas total 917 umpan yang menjadi rekor passing terbanyak sepanjang sejarah gelaran Euro. Sungguh luar biasa.

Dengan catatan itu, Spanyol sukses memecahkan rekor Euro atas nama mereka sendiri, yang mereka ciptakan pada sembilan tahun lalu. Saat itu, Spanyol melepa total 859 umpan dalam pertandingan melawan Republik Irlandia. Pemain La Furia Roja saat itu, Xavi melepan 136 umpan di antaranya.

Sayang sekali, penampilan super dominan yang ditunjukkan Spanyol gagal membawa mereka meraih kemenangan. Sederet peluang yang didapat Alvaro Morata cs gagal menghasilkan gol. Spanyol tercatat melepas total 14 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan Swedia yang hanya mampu tiga kali melepas tembakan, dan cuma satu di antaranya yang tepat sasaran.

Kegagalan skuad Spanyol memanfaatkan peluang jelas menjadi PR yang harus dibereskan Enrique jelang pertandingan kedua melawan Polandia pada Minggu (20/6/2021) dini hari WIB mendatang.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...