Home > Berita Euro > Rekor Kiper Termuda Italia Dipecahkan Donnarumma

Rekor Kiper Termuda Italia Dipecahkan Donnarumma

Dalam duel Turki vs Italia di laga pembuka Euro 2020, Gianluigi Donnarumma turun sebagai starter pada Sabtu (12/6/2021). Kesempatan ini membawa Donnarumma memecahkan rekor fantastis.

Laga Turki vs Italia jadi laga pembuka Euro 2020 kali ini. Pertandingan dimainkan di Stadio Olimpico, Roma, markas Italia sendiri. Artinya, pasukan Roberto Mancini punya semangat ekstra untuk menang.

Italia tidak termasuk tim favorit juara di Euro kali ini, tapi juga tidak bisa dipandang remeh. Beberapa tahun terakhir Mancini berhasil menjaga regenerasi skuad berjalan dengan stabil.

Hal ini terbukti dengan terpilihnya Donnarumma sebagai starter di usia yang sangat muda dan memecahkan rekor baru.

22 tahun 106 hari!

Menurut Opta, kepastian Donnarumma sebagai starter berarti Italia memiliki rekor baru untuk posisi kiper. Donnarumma jadi kiper termuda yang pernah membela Italia di turnamen mayor, tepatnya di usia 22 tahun 106 hari.

Dia debut di usia yang jauh lebih muda dari Gianluigi Buffon (24 tahun 126 hari), bahkan masih cukup jauh lebih muda dari pemegang rekor sebelumnya, Giorgio Ghezzi (23 tahun 342 hari).

Donnarumma bakal memikul harapan timnya di turnamen kali ini. Italia dikenal dengan pertahanan yang tangguh, Donnarumma harus tampil sempurna sebagai pilar terakhir.

Istimewa untuk Chiellini

Selain untuk Donnarumma, Euro 2020 kali ini juga istimewa bagi Giorgio Chiellini. Bek senior Juventus ini lagi-lagi terpilih sebagai pemain inti, masih belum tergantikan.

Chiellini juga diturunkan sebagai starter dalam duel kontra Turki kali ini. Kesempatan ini pun jadi rekor baru bagi Chiellini pribadi.

Opta mencatat, ini adalah turnamen Euro keempat Chiellini untuk Italia, menyamai rekor Gianluigi Buffon dan Alessandro Del Piero.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...