Home > Berita Euro > Rahasia Suksesn Italia Tembus 16 Besar Euro 2020

Rahasia Suksesn Italia Tembus 16 Besar Euro 2020

Salah satu unggulan untuk menjadi juara di Euro 2020 adalah timnas Italia. Status ini makin kuat melekat setelah hasil sempurna yang didapat Gli Azzurri pada fase grup dan kesuksesan lolos ke babak 16 Besar.

Italia melaju dengan mulus pada fase grup. Turki, Swiss, dan Wales silih berganti merasakan keperkasaan Italia. Tim racikan Roberto Mancini itu tiga kali meraih kemenangan, mencetak tujuh gol, dan tidak kebobolan.

Pada babak 16 Besar, Italia akan berjumpa Austria. Di atas kertas, Italia punya materi pemain lebih baik dibanding Austria dan punya peluang besar melaju ke babak perempat final.

Dikutip dari laman resmi UEFA, setidaknya ada lima rahasia di balik sukses timnas Italia di fase grup Euro 2020. Mari kita simak apa saja alasan tersebut di bawah ini.

Baca Juga : Hanya Italia Calon Kuat Juara Euro 2020, Tim Lain Meragukan

3 Laga, 25 Pemain

Roberto Mancini membawa 26 pemain untuk tampil di Euro 2020. Dari tiga laga fase grup, Mancini sudah memainkan 25 pemain berbeda. Hanya satu pemain saja yang belum dimainkan.

Satu pemain tersebut adalah kiper ketiga, Alex Meret. Sementara, Salvatore Sirigu sebagai kiper kedua dimainkan sebagai pengganti pada duel melawan Wales.

Mancini belajar dari pengalaman di Piala Dunia 1990. Saat itu, dia menjadi satu-satunya pemain yang tidak bermain sama sekali di skuad. Mancini tidak ingin situasi serupa terjadi pada skuad Italia di Euro 2020.

Jimat Attilio Lombardo

Di masa lalu, ada kisah unik antara Laurent Blanc dan Fabien Barthez. Mereka dikenang dengan adegan Blanc mencium kepala plontos Barthez. Momen itu dianggap membawa tuah bagi Prancis.

Dan, momen itu terulang di skuad Italia pada Euro 2020. Italia punya sosok berkepala plontos seperti Barthez yakni Attilio Lombardo, asisten pelatih Robero Mancini. Bertindak sebagai Blanc adalah Leonardo Bonucci.

Sebagai informasi, Lombardo adalah rekan Mancini ketika masih bermain. Selain Lombardo, ada juga mantan rekan Mancini yang kini jadi asistennya: Alberico . . . Gabung . . . Evani, Giulio Nuciari dan Fausto Salsano.

Maskot

Skillzy adalah maskot Euro 2020. Sosok berbentuk anjing gembala itu dinilai membawa keberuntungan bagi timnas Italia.

Adalah Carlo Rambaldi, seorang seniman peraih tiga Piala Oscar, yang merancang Skillzy. Rambaldi adalah orang Italia yang ambil bagian pada film King Kong, Allian, dan E.T. Dia meninggal pada 2012 silam.

Presiden Federasi Sepak Bola Italia [FIGC], Gabriele Gravina, menyebut Rambaldi menunjukkan desain maskot itu padanya pada 2007 lalu. Skillzy dinilai membawa keberuntungan bagi Italia. “Sekarang kami akan memberikan Oscar keempat untuk Carlo,” kata Gravina.

Musik

Bukan hanya maskot, aroma Oscar di skuad Italia juga hadir dari sosok Giorgio Moroder. Dia adalah musisi Italia yang meraih tiga Piala Oscar dan menulis lagu ‘Un’estate Italiana’, soundtrack Piala Dunia 1990 di Italia.

Belakangan, lagu tersebut kembali populer. Fans dan pemain Italia menyanyikan lagu tersebut. Salah satu sosok yang diketahui turut menyanyikan lagu itu adalah pemain veteran Giorgio Chiellini.

Saat lagu itu dirilis pada 1990, Chiellini berusia enam tahun. Sementara, 19 pemain yang kini ada di skuad Italia belum lahir ketika lagi itu populer.

Pesta Pizza

Italia sejak lama dikenang sebagai negara pizza. Dan, pizza juga punya andil di balik sukses Italia menembus babak 16 Besar Euro 2020.

Setelah kemenangan atas Wales, laga ketiga fase grup, skuad timnas Italia mendapatkan hari bebas di Coverciano. Mereka lantas mendapat kunjungan dari Ciro Oliva, seorang pembuat pizza tersohor dari Naples.

Oliva, yang juga teman baik Lorenzo Insigne, menyiapkan pizza dalam jumlah banyak. Semua orang di kamp timnas Italia pun larut dalam pesta pizza.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...