Home > Berita Euro > Prediksi Final Euro 2020 Versi Artificial Intelligence

Prediksi Final Euro 2020 Versi Artificial Intelligence

Jakarta – Sebuah komputer super yang dimotori dengan penggunaan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) dan machine learning belum lama ini merilis hasil prediksinya terkait gelaran Euro 2020.

Hasil yang dirilis ternyata sangat mengejutkan, termasuk dua tim yang lolos ke final, dan juara Euro 2020.

Simulasi dengan menggunakan teknologi AI ini dilakukan oleh pakar sepakbola di pusat data statistik Sportradar. Proses simulasi ini dinamakan Simulated Reality.

Teknologi AI tersebut membaca basis data historik dari Sportradar, termasuk beragam situasi pertandingan, permainan, dan hasil.

agen bola

Dari proses pembacaan simulasi tersebut kemudian keluarlah prediksi Euro 2020, termasuk dua tim yang lolos final, hingga siapa juaranya.

Dari hasil proses tersebut kemudian muncullah tim Republik Ceko vs Denmark untuk partai finalnya, dengan dimenangkan oleh Republik Ceko dengan skor 3-2.

“Sepakbola itu tak bisa ditebak, itulah salah satu hal yang kami sukai dari permainan ini, tapi takkan ada banyak fans yang memprediksi Republik Ceko dan Denmark di final,” kata . . . Gabung . . . CEO Sportradar untuk wilayah Eropa, Werner Becher.

Memang dalam sejarah Piala Eropa sudah beberapa kali terjadi kejutan-kejutan. Yang terbaru yakni Yunani keluar sebagai juara di ajang Piala Eropa tahun 2004 lalu.

Kembali ke finalis Euro 2020 versi Artificial Intelligence ini, Republik Ceko dan Denmark tentu saja harus lolos dari babak penyisihan grup terlebih dulu.

Di ajang Euro 2020 ini, Republik Ceko tergabung di dalam Grup D, bersama dengan Inggris, Kroasia, dan Skotlandia.
Sedangkan Denmark ada di Grup B bersama Finlandia, Belgia, dan Rusia.

Untuk pencapaian tertinggi, Republik Ceko pernah menjadi runner up pada Euro 1996. Saat masih bernama Cekoslovakia, pernah juara di tahun 1976. Sementara Denmark pernah menjadi juara di Euro 1992.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...