Home > Berita Euro > Phil Foden Dinilai Wayne Rooney Melempem Saat Bela Timnas Inggris

Phil Foden Dinilai Wayne Rooney Melempem Saat Bela Timnas Inggris

Inggris- Penampilan Phil Foden bersama Timnas Inggris dinilai oleh Wayne Rooney, melempem karena sudah terbiasa bermain gaya Manchester City. Rooney menegaskan bahwa bintang muda Inggris itu “bukan seorang penggiring bola.”

Phil Foden

Gareth Southgate memberi kepercayaan kepada Foden menjadi starter di kedua pertandingan babak grup Euro 2020, tampil impresif saat mengalahkan Kroasia 1-0 tapi kurang baik saat ditahan imbang Skotlandia 0-0 kemarin Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Rooney merasa pemain 21 tahun itu kesulitan mengadaptasi permainannya bagi The Three Lions karena sudah terbiasa bermain dengan skema penguasaan bola milik Pep Guardiola di Etihad, dan lebih suka jika Jack Grealish atau Jadon Sancho yang mengisi posnya.

Rooney mengeluarkan pendapatnya kepada The Times:

“Saya suka Foden sebagai pesepakbola namun Anda harus sadar bahwa selama empat tahun lebih, ia telah dibentuk menjadi seorang pemain City.”

“Pep Guardiola tidak meminjamkannya, ia tak mengalami gaya sepakbola yang berbeda – seluruh kariernya ia habiskan bermain dengan gaya Guardiola/City.”

“Sulit baginya untuk bisa mengubah gaya yang telah ia mainkan sejak usia 16 tahun. City bermain di sepertiga akhir. Mereka menguasai bola di situ. Foden bukan seorang penggiring bola tapi pemain yang memainkan umpan-umpan kecil nan manis dan bergerak ke . . . Gabung . . . posisi yang bagus.”

“Di City, pergerakan pemain di sekitarnya memungkinkan itu. City memainkan umpan pendek dan cepat sebelum bergerak sedikit – bukan gerakan besar – yang bisa memungkinkan Foden menyerang ruang, kadang bermain sebagai nomor sembilan, kadang sebagai nomor 10.”

“Sementara di Inggris ia agak terisolasi di sisi sayap dan ketika ia menerima bola, penguasaannya berjalan lambat dan tak banyak hal yang terjadi di sekitarnya. Itu memaksanya menggiring bola. Jika Anda bermain demikian – buat pemain sayap, Anda perlu kemampuan menggiring – maka mengapa tidak memainkan Grealish dan Jadon Sancho, dua pemain terbaik yang bisa melakukannya.”

Southgate harus memutar otak saat menghadapi Republik Ceko di Wembley besok Rabu (23/6) dini hari WIB, di mana mereka tidak boleh kalah jika ingin memastikan lolos ke babak gugur.(Ara-Satupedia.com)

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...