Home > Berita Euro > Pencetak Gol Termuda Putaran Final Piala Eropa

Pencetak Gol Termuda Putaran Final Piala Eropa

Turnamen Euro 2020 akan segera dimulai akhir pekan ini. Setelah penundaan selama setahun akibat pandemi Covid-19, turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa tersebut bakal digelar di sebelas kota, di sebelas negara berbeda.

Piala Eropa sendiri sejauh ini sudah digelar sebanyak 15 kali, sejak dihelat pertama kali pada 1960 silam.

Dalam masa 60 tahun gelaran Piala Eropa, ajang ini telah menjadi ajang tarung pemain-pemain terbaik Benua Biru. Tak hanya pemain-pemain yang sudah mapan, para pemain muda juga menggunakan ajang ini sebagai ajang untuk mengokohkan langkah mereka di level tertinggi.

Ada sejumlah pemain muda yang sukses mempertegas reputasi mereka dengan mencetak gol di ajang Piala Eropa.

Mari kita simak siapa saja para pencetak gol termuda dalam putaran final Piala Eropa di bawah ini.

Patrick Kluivert

Peringkat kedelapan dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Patrick Kluivert. Penyerang asal Belanda tersebut mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 19 tahun dan 353 hari.

Gol bersejarah Kluivert ini terjadi pada laga kontra Inggris di putaran final Euro 1996. Pada laga yang dihelat 18 Juni 1996 ini, Kluivert dan kawan-kawan harus menelan kekalahan 1-4 dari Inggris.

Cristian Chivu

Chivu menempati posisi ketujuh dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa. Pemain belakang asal Rumania tersebut mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 19 tahun dan 238 hari.

Gol Chivu ini terjadi pada laga kontra Inggris di putaran final Euro 2000. Pada laga yang dihelat 20 Juni 2000 tersebut, Chivu dan kawan-kawan sukses meraih kemenangan 3-2.

Ferenc Bene

Peringkat keenam dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Ferenc Bene. Penggawa Timnas Hungaria ini mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 19 tahun dan 183 hari.

Gol pertama Bene ini terjadi pada laga kontra Spanyol di putaran final Euro 1964. Dalam pertandingan ini, Bene dan kawan-kawan harus menelan kekalahan 1-2.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menempati posisi lima dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa. Penggawa Timnas Portugal ini mencetak gol pertamanya di putaran final Piala . . . Gabung . . . Eropa pada usia 19 tahun 128 hari.

Ronaldo mencetak gol pertamanya di putaran final Euro 2004. Dalam laga yang dihelat 12 Juni 2004 tersebut, Ronaldo dan kawan-kawan harus menelan kekalahan 1-2 dari Yunani.

Dragan Stojkovic

Peringkat keempat dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati Dragan Stojkovic. Penggawa Timnas Yugoslavia ini mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 19 tahun dan 108 hari.

Stojkovic mencetak gol pertamanya di putaran final Euro 1984. Namun, dalam laga yang dihelat pada 19 Juni 1984 ini, Stojkovic dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor 2-3.

Renato Sanches

Renato Sanches menempati posisi tiga dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa. Pemain asal Portugal ini mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 18 tahun dan 317 hari.

Sanches mencetak gol pertamanya tersebut di putaran final Euro 2016. Dalam laga yang dihelat 30 Juni 2016 tersebut, Portugal harus puas bermain imbang 1-1 kontra Polandia.

Wayne Rooney

Peringkat kedua dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Wayne Rooney. Legenda Timnas Inggris ini mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa kala usianya 18 tahun dan 237 hari.

Gol pertama Rooney ini dicetaknya di putaran final Euro 2004, kontra Swiss. Pada laga yang dihelat 17 Juni 2004 tersebut, Inggris menang tiga gol tanpa balas.

Johan Vonlanthen

Vonlanthen menempati posisi puncak dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang putaran final Piala Eropa. Penggawa Timnas Swiss tersebut mencetak gol pertamanya di putaran final Piala Eropa pada usia 18 tahun dan 141 hari.

Gol pertama Vonlanthen ini dicetaknya pada putaran final Euro 2004, kontra Prancis. Pada laga yang digelar 21 Juni 2004 tersebut, Swiss harus menelan kekalahan dengan skor 1-3.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...