Home > Berita Euro > Mantan Gelandang Liverpool Sebut Inggris Bukan Levelnya Jerman

Mantan Gelandang Liverpool Sebut Inggris Bukan Levelnya Jerman

London – Inggris akan bertemu Jerman pada babak 16 besar Euro 2020 yang akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (29/6/2021) malam pukul 23.00 WIB.

Menjelang laga big match ini mantan gelandang Liverpool (1999-2006) asal Jerman, Dietmar Hamann, menilai Inggris bukanlah lawan selevel bagi Jerman.

Berdasarkan catatan, kedua tim sudah bertemu sebanyak 32 kali sepanjang sejarah, dan sudah saling mengalahkan.

Jerman menang 15 kali, Inggris menang 13 kali, dan 4 laga sisanya berakhir imbang.

Terakhir kali Inggris dan Jerman bertemu pada November 2017, juga di Stadion Wembley, dimana saat itu kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Salah satu laga yang mungkin cukup bersejarah bagi Inggris dan Jerman, yakni di semifinal Piala Eropa 1996. Saat itu, Inggris yang menjadi tuan rumah kalah dengan skor 5-6 atas Jerman pada babak semifinal.

Menariknya, satu-satunya eksekutor Inggris yang saat itu gagal menjalankan tugas adalah Gareth Southgate, yang saat ini menjadi pelatih Timnas Inggris di Euro 2020.

Menurut Dietmar Hamann, Inggris bukanlah musuh sesungguhnya dari Jerman.

“Saya takkan menyebut Inggris sebagai salah satu musuh Jerman. Musuh terberat Jerman adalah tim-tim yang memang memberikan tantangan, seperti Prancis atau Argentina yang kerap kami temui di final, semifinal, atau perempat final Piala Dunia,” ujar Hamann.

“Selain itu, masih ada Spanyol. Betul, pertandingan melawan Inggris selalu bersejarah dan hasil Piala Eropa 1996 selalu istimewa,” lanjutnya.

“Saya paham semua orang menantikan pertandingan ini, tetapi laga melawan Inggris hanya salah satu pertandingan terbesar tetapi bukan satu-satunya,” ucap Hamann.

Bila melihat prestasi internasional yang diraih Jerman, Inggris memang kalah jauh.

Jerman adalah peraih juara Piala Dunia empat kali (1954, 1974, 1990, dan . . . Gabung . . . 2014), dan telah tiga kali memenangkan trofi Piala Eropa (1972, 1980, dan 1996).

Sedangkan Inggris baru sekali menjadi juara Piala Dunia, yakni pada tahun 1966.

Saat itu, Inggris yang menjadi tuan rumah menang atas Jerman (ketika itu masih bernama Jerma Barat) dengan skor 4-2 di partai final.

Inggris juga pernah pernah mempermalukan Jerman pada laga kualifikasi Piala Dunia 2002 di Muenchen. Saat itu, Inggris menang telak dengan skor 5-1.

Namun demikian, kekalahan Jerman atas Inggris pada laga kualifikasi Piala Dunia 2002 tersebut tidak relevan bila dipakai dasar perbandingan karena pencapain Jerman di Piala Dunia 2002 tersebut justru lebih baik.

Inggris saat itu hanya mampu bertahan hingga babak perempat final, namun Jerman bisa melaju hingga ke final, sebelum kemudian kalah dari Brasil dengan skor 0-2.

“Kalau ada yang mengingatkan saya soal skor 5-1 Inggris atas Jerman, saya akan balik bertanya, apakah orang yang mengatakan itu sedang mabuk atau bagaimana?” tanya Hamann.

“Pertandingan itu adalah babak kualifikasi alih-alih laga semifinal atau final. Laga itu bukan salah satu pertandingan terbesar di panggung internasional,” ucapnya.

“Saat Piala Dunia 2002 bergulir, Jerman masih bermain pada babak final di Jepang setelah para pemain Inggris pulang dua pekan sebelumnya,” tutup Hamann.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...