Home > Copa America > Lewat Gol Kontroversial Menit Terakhir Firmino, Brazil Comeback Lawan Kolombia

Lewat Gol Kontroversial Menit Terakhir Firmino, Brazil Comeback Lawan Kolombia

Dalam laga ketiga grup B Copa America 2021, Brasil secara dramatis menang 2-1 atas Kolombia di Estadio Olimpico Nilton Santos, Rabu (23/6/2021) atu Kamis pagi WIB.

Gol dari Lucas Diaz melalui tendangan salto di babak pertama, mampu dibalas oleh gol kontroversial Roberto Firmino di babak kedua. Di penghujung laga, Casemiro mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok Neymar.

Tite menurunkan formasi 4-4-2 kali ini, dengan duet Gabriel Jesus dan Neymar di lini depan. Dengan formasi yang juga dipakai di laga sebelumnya melawan Peru itu , Brasil harus kebobolan terlebih dulu pada menit ke-10.

Kolombia mengejutkan tuan rumah dengan gol spektakuler lewat gerakan akrobatik salto di udara. Adalah winger Kolombia, Luis Diaz yang melesakkan salto usai menerima umpan Juan Cuadrado dari sisi kanan. Kiper Brasil Weverton tak mampu menepis bola yang ditendang Diaz. 1-0.

Tersentak gol Luis Diaz, Brasil langsung berinisiatif mengontrol pertandingan. Seleccao menguasai 66 persen penguasaan bola hingga babak pertama berakhir. Namun pertahanan Kolombia yang rapat serta penyelesaian akhir yang kurang mantap bikin Brasil masih tetringgal hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Roberto Firmino dimasukkan oleh Tite untuk menggantikan Everton Ribeiro. Dengan begitu, Brasil berganti ke formasi dari 4-4-2 ke 4-3-3.

Peluang didapat Brasil pada menit ke-60 saat Richarlison mengirim umpan ke kotak penalti, namun Gabriel Jesus dan Robert Firmino tak mampu menjangkaunya.

Empat menit berselang, Danilo yang merupakan bek kanan melepas sepakan dari kotak penalti usai menerima operan Fred. Sayangnya, tendangan Danilo masih melenceng di sisi kiri gawang.

Neymar nyaris menecetak gol pada menit ke-66, di mana ia berhasil melewati David Ospina. Akan tetapi tendangannya hanya menerpa tiang gawang dan Brasil pun gagal menyamakan kedudukan.

Gol yang ditunggu Brasil akhirnya tercipta pada menit ke-78. Roberto Firmino mencetak sundulan usai menerima umpan Renan Lodi.

Para pemain Kolombia melakukan protes keras lantaran sebelum terjadinya gol, bola mengenai badan wasit. Mereka menuntut wasit menganulir gol karena saat terkena badan wasit, wasit seharusnya menghentikan laga dan melakukan drop ball.

Protes berlangsung kurang lebih 5 menit, walau begitu wasit tetap mengesahkan gol Firmino. 1-1. Akibat protes tersebut, tambahan waktu yang diberikan pun molor hingga 10 menit. Brasil mampu memanfaatkan tambahan waktu tersebut.

Pada menit ke-90+9, Casemiro mampu menyundul bola sepak pojok Neymar untuk menaklukkan David Ospina. 2-1. Casemiro berdiri tanpa pengawalan, sehingga bisa menanduk bola secara bebas. Tak lama setelah gol tersebut, laga berakhir.

Brasil menang dan sejauh ini masih sempurna dari 3 laga yang sudah dijalani dengan mengleksi 9 poin.

Pada laga terakhir, Brasil akan menghdapi Ekuador (28/6/2021) mendatang.

  • Brasil 2-1 Kolombia (Roberto Firmino 78′, Casemiro 90+9′; Luis Diaz 10′)

Starting XI

Brasil (4-4-2): 12-Weverton, 2-Danilo, 4-Marquinhos, 3-Thiago Silva, 6-Alex Sandro; 5-Casemiro, 8-Fred, 7-Richarlison, 11-Everton Ribeiro; 9-Gabriel Jesus, 10-Neymar

Pelatih: Tite

Kolombia (4-4-2): 1-David Ospina; 16-Daniel Munoz, 23-Davinson Sanchez, 13-Yerry Mina, 6-William Teillo; 5-Wilmar Barrios, 15-Mateus Uribe, 11-Juan Cuadrado, 14-Luis Diaz; 7-Duvan Zapata, 18-Rafael Santos Borre

Pelatih: Reinaldo Rueda

x

Check Also

Copa America 2021 Menjadi Bukti Messi Masih Manusia Yang Bisa Terpeleset Dan Gagal Bikin Gol Mudah

Timnas Argentina-nya Lionel Messi menobatkan diri sebagai kampiun Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah ...