Home > Berita Euro > Laporan Penampilan Pemain Barcelona di Euro 2020

Laporan Penampilan Pemain Barcelona di Euro 2020

Pada pagelaran akbar Euro 2020 kali ini, Barcelona diwakili oleh sederet pemain bintang mereka, baik pemain lama atau pemain yang baru direkrut pada jendela transfer musim panas ini.

Pentas Euro 2020 sendiri baru saja menyelesaikan babak penyisihan grup. Total 94 gol tercipta sejauh ini. Angka yang terbilang luar biasa jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya.

Sejumlah pemain bintang Barcelona seperti Lionel Messi memang tidak mengikuti Euro 2020. Walaupun demikian, ia masih ikut berkompetisi bersama Argentina di turnamen Copa America 2021.

Selain itu, ada pula beberapa pilar yang harus absen dari Euro 2020 kali ini karena mengalami cedera, mulai dari penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen (Jerman) hingga Ansu Fati (Spanyol).

Baca Juga : Pemain Terbaik Fase Grup Euro 2020 Didominasi Belanda

Berikut ini hasil laporan penampilan pemain yang ikut di turnamen Euro 2020:

Jordi Alba (Spanyol) – 7

Karena tak dipanggilnya Sergio Ramos dan absennya Sergio Busquets akibat positif Covid-19, Jordi Alba pun terpilih menjadi kapten di dua laga awal Spanyol.

Sayang, dalam dua laga melawan Swedia dan Polandia tersebut, Alba tak mampu memimpin timnya untuk meraih kemenangan. La Furia Roja hanya mencatat dua hasil imbang dalam dua laga tersebut.

Baru pada laga ketiga, Alba tampil cukup impresif ketika membawa timnya menghajar Slovakia 5-0. Alba pun turut menyumbang satu assist dalam laga tersebut.

Eric Garcia (Spanyol) – 7

Eric Garcia baru resmi direkrut Barcelona beberapa hari menjelang gelaran Euro. Ia didatangkan secara gratis setelah kontraknya bersama Manchester City habis.

Pelatih Luis Enrique masih belum memberi kepercayaan pada Garcia dalam dua laga awal. Baru di laga ketiga melawan Slovakia, Garcia mendapar kesempatan bermain menjadi starter.

Eric Garcia pun membayar tuntas kepercayaan Enrique dengan menunjukkan performa cukup impresif, sekaligus menegaskan bahwa ia siap mengawal pertahanan Barcelona di musim baru nanti.

Clement Lenglet (Prancis) – Tanpa Nilai

Clement Lenglet sejatinya masuk ke dalam 26 nama pemain yang dipanggil pelatih Didier Deschamps ke skuad Prancis untuk ajang Euro 2020 kali ini.

Namun, sejauh ini Deschamps sama sekali belum memberikan kesempatan terhadap Lenglet untuk tampil mengawal lini pertahanan Les Bleus dalam tiga laga awal.

Sergio Busquets (Spanyol) – 7,5

Petaka bagi Sergio Busquets sempat datang beberapa hari sebelum gelaran Euro 2020 ketika ia dikonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, pemain 32 tahun itu pun harus menjalani karantina dan absen di dua laga awal.

Absennya Busquets ternyata sangat berpengaruh terhadap keseimbangan permainan Spanyol. Tim asuhan Luis Enrique pun gagal meraih kemenangan di dua laga di mana Busquets absen.

Angin segar datang bagi Spanyol ketika Busquets sudah bisa dimainkan melawan Slovakia. Ia pun menjadi salah satu kunci kemenangan telak timnya.

Catatan akurasi umpan hingga 86 persen serta tiga kali memenangi duel udara jelas menjadi gambaran jelas betapa pentingnya peran Busquets bagi Spanyol.

Frenkie de Jong (Belanda) – . . . Gabung . . . 8

Frenkie de Jong sukses menjadi nyawa permainan Belanda yang berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga di penyisihan grup.

De Jong mencatatkan rerata akurasi umpan mencapai 87 persen. Aliran bola darinya sangat menentukan jalannya strategi yang diusung pelatih Frank de Boer.

Pedri (Spanyol) – 7

Salah satu kejutan utama dari tim Spanyol asuhan Luis Enrique di pentas Euro 2020 kali ini adalah Pedri yang rupanya menjadi starter reguler di lini tengah.

Tercatat, Pedri menjadi satu dari tiga pemain selain kiper yang selalu dimainkan selama 90 menit penuh dalam tiga laga Spanyol di penyisihan grup. Cukup luar biasa untuk pemain yang baru berusia 18 tahun.

Bukan tanpa alasan Enrique terus mengandalkan Pedri. Determinasi dan penetrasi yang ditawarkan Pedri memang sangat membantu serangan yang dibangun Spanyol.

Ousmane Dembele (Prancis) – 6

Dengan adanya sejumlah nama mentereng lain di lini serang Prancis, wajar jika Ousmane Dembele tak menjadi pilihan utama pelatih Didier Deschamps.

Meski demikian, Dembele tetap diberi kesempatan untuk turun dari bangku cadangan. Sayang, Euro 2020 baru berjalan dua laga, Dembele sudah kembali mengalami cedera.

Dalam laga kedua melawan Hungaria, masuk sebagai pengganti di menit ke-57, tapi harus ditarik keluar lagi pada menit ke-87 karena cedera. Ia pun harus dipulangkan dari tim Prancis.

Cedera Dembele juga menjadi pukulan telak untuk Barcelona. Pasalnya, pemain 24 tahun itu diperkirakan bisa absen setidaknya hingga empat bulan lamanya.

Antoine Griezmann (Prancis) – 7

Antoine Griezmann menjadi andalan utama di lini depan Prancis, bersama Kylian Mbappe serta Karim Benzema.

Hasilnya pun tak terlalu mengecewakan. Griezmann turut menyumbang satu gol dalam laga kontra Hungaria.

Meski demikian, pemain 30 tahun itu juga kerap dikritik karena dianggap terlalu sering membuang peluang emas.

Martin Braithwaite (Denmark) – 6,5

Sebagai ujung tombak andalan Denmark di pentas Euro 2020 kali ini, kontribusi Martin Braithwaite sejauh in belum terlalu maksimal.

Dalam tiga laga di penyisihan grup, Braithwaite masih belum mampu membobol gawang lawan. Meski demikian, ia tetap berandil membawa timnya lolos ke 16 besar.

Memphis Depay (Belanda) – 8

Barcelona resmi mengumumkan perekrutan Memphis Depay ketika Euro 2020 sudah dimulai. Berkaca dari turnamen ini, Barca tampaknya tak salah memutuskan untuk menggaet pemain 27 tahun tersebut.

Memphis Depay sukses menjadi bintang utama Belanda di lini depan, dan sejauh ini sukses mencetak dua gol, salah satunya dari titik penalti.

Apiknya performa Memphis Depay di Euro 2020 jelas menjadi bukti bahwa ia siap berperan sebagai juru gedor pertahanan lawan di tim Barcelona pada musim baru nanti.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...