Home > Berita Euro > Kolapsnya Eriksen Mengingatkan Blind Atas Kejadian Yang Sama

Kolapsnya Eriksen Mengingatkan Blind Atas Kejadian Yang Sama

Christian Eriksen, Kolapsnya bintang Timnas Denmark, dalam pertandingan melawan Finlandia di ajang Euro 2020 baru-baru ini menarik perhatian banyak orang. Tidak terkecuali penggawa veteran Timnas Belanda yang pernah memperkuat Manchester United, Daley Blind. Eriksen membuat pecinta sepak bola terhenyak saat dirinya jatuh tersungkur jelang babak pertama berakhir. Setelahnya, barulah diketahui kalau pemain Inter Milan itu mengalami gagal jantung (cardiac arrest).

Kalau dibiarkan begitu saja, Eriksen mungkin akan menjadi pemain kesekian yang kehilangan nyawa saat bertanding. Seperti halnya dengan Piermario Morosini saat membela Livorno ataupun Marc Vivian Foe saat memperkuat Manchester City di tahun 2003. Untungnya, Eriksen tidak bernasib sama. Seiring berjalannya waktu, kondisi pemain berusia 29 tahun itu berangsur pulih. Ia pun sudah mengatakan akan segera kembali merumput begitu fisiknya sudah mengizinkan.

Baca Juga : Klarifikasi UEFA Mengenai Denmark Dipaksa Main Setelah Insiden Eriksen

Kejadian itu mengejutkan banyak orang, termasuk juga Daley Blind yang sedang memperkuat Belanda saat ini. Ia juga memiliki pengalaman buruk soal kolaps akibat gangguan pada jantung di tahun 2020 lalu.

“Apa yang terjadi pada malam itu membuat saya sangat terkejut, tidak hanya karena . . . Gabung . . . Christian adalah rekan dekat saya, tapi juga karena apa yang pernah terjadi kepada saya,” kata Blind.

Kejadian itu ternyata masih membekas di benak Blind.

“Saya sempat berpikir untuk tidak bermain pada malam ini. Saya harus mengambil langkah maju yang sangat besar secara mental,” lanjutnya.

Blind juga pernah kolaps saat sedang menjalani laga pramusim bersama klubnya yang sekarang, Ajax Amsterdam, dengan Hertha Berlin sebagai lawannya. Pertandingan itu diadakan di bulan Agustus tahun 2020 lalu. Tanda-tanda gangguan yang dialami Blind sebenarnya sudah terendus sejak bulan Desember tahun 2019 lalu. Pria kelahiran Amsterdam itu sempat mengaku pusing saat bertemu Valencia dalam pertandingan Liga Champions.

Setelah menjalani pemeriksaan, barulah diketahui kalau Blind mengalami radang otot jantung dan harus menggunakan ICD. Pengangkat itu mengatur ritme jantung yang tidak normal sehingga mencegah kemungkinan serangan jantung.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...