Home > Berita Liga Indonesia > Persipura Jayapura > Jacksen Tiago Ragu Piala AFC Digelar Sesuai Jadwal

Jacksen Tiago Ragu Piala AFC Digelar Sesuai Jadwal

Batu – Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku ragu bila Piala AFC 2021 akan digelar sesuai jadwal karena hingga sejauh ini pihak penyelenggara masih belum menentukan tuan rumahnya.

Sebelumnya Piala AFC 2021 dijadawalkan akan dimulai pada 29 Juni mendatang. Namun Singapura yang seharusnya menjadi tuan rumah memutuskan untuk mengundurkan diri dengan pertimbangan pandemi Covid-19.

Sementara itu, dua negara lainnya yakni Vietnam dan Malaysia, juga menolak menggantikan Singapura dengan alasan yang sama.

Belakangan, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun memberikan penawaran kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Tawaran ini masih dibahas di tingkat PSSI bersama dengan dua wakil Indonesia di ajang AFC 2021, yaitu Persipura Jayapura dan Bali United.

Menurut Jacksen Tiago, apa pun hasilnya ia pesimis Piala AFC 2021 bisa digelar seusai jadwal.

“Menurut saya kok tidak mungkin sesuai jadwal pada 29 Juni. Persiapannya membutuhkan waktu, terutama terkait protokol kesehatan COVID-19. Peserta Piala AFC juga pasti taat dan disiplin dengan protokol kesehatan itu, seperti karantina yang juga membutuhkan waktu,” ujar Jacksen.

Baca juga : AFC Tawarkan Indonesia Jadi Tuan Rumah, Ini Respon PSSI

Terkait kemungkinan Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFC 2021, Jacksen enggan . . . Gabung . . . untuk menanggapinya karena hal itu bukan wewenangnya.

“Itu ranah manajemen. Saya fokus di ranah teknik. Tapi, saya sudah diberitahu manajer tim soal wacana tuan rumah itu. Kami akan ikut instruksi dari manajemen,” ucap Jacksen.

“Satu yang jelas, saya sudah membuat program untuk Piala AFC dan Liga 1 2021. Apakah Piala AFC digelar sebelum atau di tengah Liga 1, kami akan siap tampil,” tegasnya.

Sementara itu, Jacksen mengaku setuju dengan keputusan dari manajemen Persipura yang akan memulangkan para pemainnya terlebih dahulu agar bisa berkumpul dengan keluarga karena sudah cukup lama Persipura menggelar pemusatan latihan di Pulau Jawa.

“Dari analisa dan diskusi dengan manajemen, akhirnya kami sepakat untuk meliburkan pemain asal Papua. Ini keputusan bijak untuk menurunkan tensi psikis pemain yang telah lama meninggalkan Papua,” ujar Jacksen.

x

Check Also

Setelah Piala AFC 2021 Zona Asia Tenggara Batal, Bagaimana Rencana Jacksen Tiago?

Jakarta – Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, tengah memikirkan kemungkinan untuk meliburkan timnya setelah ...