Home > Berita Liga Indonesia > Persipura Jayapura > Jacksen Tiago Menilai Dua Pemain Asing Persipura Masih Lemah

Jacksen Tiago Menilai Dua Pemain Asing Persipura Masih Lemah

Jayapura – Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago menilai dua pemain asing Persipura yang baru didatangkan, yakni Henrique Marcelino Motta dan Yevhen Bokhashvili, masih perlu penyesuaian dalam hal fisik.

Menurut pelatih asal Brasil ini, kedua pemain asing anyar tersebut masih lemah dari segi fisik dan masih membutuhkan waktu untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Karena itu, Jacksen mengaku belum berani menurunkan keduanya dalam waktu yang lama pada dua laga uji coba sebelumnya, yakni melawan Malang United dan Persik Kediri.

“Mereka sangat baik sekali tapi dari aspek fisik mereka saat ini masih lemah. Mereka sangat ketinggalan dari pemain-pemain yang lain. Itu salah satu alasan saya belum turunkan Motta dari awal pertandingan. Di ujicoba pertama dia bermain sekitar 15 menit dan kedua lawan Persik Kediri dia main 20 menit,” kata Jacksen Tiago, Kamis (10/06/21).

“Lawan Persita Tangerang nanti Motta juga akan bermain sekitar 45 menit. Kemungkinan besar dia tidak akan bermain lebih sehingga nanti dia akan menjadi pemain pengganti. Apalagi Yevhen kemungkinan besar dia tidak bermain sama sekali atau kalau dia bermain mungkin di akhir pertandingan. Kita takut mereka cedera itu alasannya,” lanjut Jacksen.

Namun demikian, Jacksen memastikan keduanya memiliki kemampuan teknik yang bagus.

“Dari aspek individu kedua pemain itu punya kemampuan di atas rata-rata. Kita akan bikin mereka dalam kondisi yang siap, benar-benar siap sehingga kita tidak ingin memaksakan mereka karena kita sudah tahu kemampuan mereka, dan mereka menunjukkan kelebihan,” jelasnya.

Lebih jauh Jacksen menambahkan, saat diturunkan pada laga uji coba kontra Persik Kediri, Henrique Motta sangat baik dalam hal membaca taktik, meski belum menunjukkan penampilan terbaiknya.

“Kita tidak mau turunkan dia dengan waktu yang lebih lama karena dia baru datang. Kelihatan dari aspek fisiknya dia di bawah teman-teman lain. Tapi dari aspek taktikal dan pemahaman dia bermain bola meskipun dia baru bermain hari ini kelihatan pengertian dengan teman-teman lainnya sangat bagus sekali. Saya rasa masalah dia hanya masalah fisik saja. Tinggal fisiknya yang kita genjot agar dia menemukan kemampuan terbaiknya,” ujar Jacksen.

Jacksen juga memuji Motta sebagai pemain yang cerdas, karena itu Jacksen berharap Motta bisa membawa dampak positif bagi Persipura di Piala AFC 2021 mendatang.

“Dari aspek taktikal di mata saya dia sangat sempurna. Pemahaman dia itu sangat bagus sekali. Banyak hal selama ini kita melatih kadang anak-anak kita sulit untuk melakukan. Tapi dia bisa melakukan sangat baik. Terutama saat proses build-up, saat dia menemukan kesulitan di lini belakang dia bisa kasih dua umpan ke lini depan,” ucap Jacksen.

“Saat kita di-pressure juga dia pemain yang juga cukup cerdas dan bisa melakukan. Dan itu adalah harapan kita semoga dia bisa cepat adaptasi dengan kita dan membantu tim Persipura menjadi lebih kuat lagi di sektor pertahanan kita,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pasca Libur Lebaran, Persipura Akan Gelar Empat Laga Uji Coba

Surabaya – Skuad Persipura Jayapura saat ini tengah menjalani masa libur Idul Fitri, sebelum nanti ...