Home > Berita Euro > Italia vs Swiss 3-0, Italia Menatap Gelar Juara

Italia vs Swiss 3-0, Italia Menatap Gelar Juara

Italia menghajar Swiss dengan skor telak 3-0 dalam duel matchday 2 Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021). Pasukan Roberto Mancini masih terlalu tangguh untuk tim tamu. Pertandingan berjalan berat sebelah sejak awal. Swiss terkurung di wilayah bermain sendiri nyaris sepanjang pertandingan, hanya sesekali melawan dengan serangan balik.

Manuel Locatelli memborong dua gol (26′, 53′) untuk membuka keunggulan Italia dan Ciro Immobile menuntaskannya dengan mencetak gol penutup di menit ke-89. Hasil ini menambah koleksi Italia jadi 6 poin dan memastikan langkah mereka ke fase gugur. Pasukan Roberto Mancini jadi tim pertama yang melaju ke babak 16 besar.

Swiss sempat menguasai bola di 5 menit pertama, tapi setelahnya giliran Italia yang sangat dominan. Sampai menit ke-15, Swiss terkurung di wilayah bermain sendiri dan hanya menunggu kesempatan serangan balik. Menit ke-19, Chiellini sempat mencetak gol untuk Italia. Sayangnya VAR mengintervensi, Chiellini dianggap handball dalam duel dengan dua pemain Swiss di kotak penalti. Gol dianulir.

5 menit setelah mencetak gol yang dianulir, Chiellini malah harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Dia ditarik keluar, kelihatannya karena cedera hamstring.
Pada menit ke-26, Italia membuka keunggulan mereka. Lewat serangan balik cepat, umpan tarik Berardi dari sisi kanan bisa dituntaskan Locatelli yang datang dari lini kedua. Gol! Italia 1-0 Swiss.

Gol ini membuat Italia bermain semakin dominan. Insigne mendapatkan peluang di menit ke-37, sejumlah umpan tarik melebar atau terlalu jauh. Tidak ada gol tambahan di 45 menit pertama. Skor 1-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

Memasuki babak kedua, Italia masih menjaga dominasi bola yang sama. Swiss sudah terkurung sejak awal pertandingan dimulai kembali. Pada menit ke-52, tekanan Italia berbuah gol kedua. Lagi-lagi Locatelli, dengan skema yang mirip. Dia menyambut operan Barella di tepi kotak penalti, . . . Gabung . . . sekali kontrol, sepakan keras kaki kiri. Gol! Italia 2-0 Swiss.

Unggul 2-0 kelihatannya membuat Italia bermain lebih tenang. Sampai menit ke-70, Swiss mendapatkan lebih banyak ruang, Italia kelihatan fokus mempertahankan keunggulan.

Pada menit ke-75, Chiesa mendapatkan peluang matang dengan serangan cepat di sisi kiri. Pergerakannya bagus, sayangnya sepakannya masih melebar. Menit ke-89, Italia menambah satu gol lagi. Kali ini giliran Immobile yang unjuk gigi dengan sepakan keras dari sisi kanan menghujam ke pojok kiri bawah gawang Sommer. Gol! Italia 3-0 Swiss. Gol ini sekaligus menutup pertandingan. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor 3-0 untuk kemenangan Italia.

Statistik Italia vs Swiss

Shots on target: 3 – 1
Shots off target: 7 – 4
Possession: 50% – 50%
Corner kicks: 3 – 2
Offsides: 2 – 4
Fouls: 10 -12
Saves: 1 – 0

Susunan pemain

ITALIA XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (24′ Francesco Acerbi), Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella (87′ Bryan Cristante), Jorginho, Manuel Locatelli (86′ Matteo Pessina); Domenico Berardi (70′ Rafael Toloi), Ciro Immobile, Lorenzo Insigne (69′ Federico Chiesa).

SWISS XI (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Fabian Schar (58′ Steven Zuber), Manuel Akanji; Kevin Mbabu (58′ Silvan Widmer), Remo Freuler (84′ Djibril Sow), Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri (76′ Ruben Vargas); Haris Seferovic (46′ Mario Gavranovic), Breel Embolo.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...