Home > Berita Euro > Italia Tim Pertama Lolos Maju Babak 16 Besar Euro 2020

Italia Tim Pertama Lolos Maju Babak 16 Besar Euro 2020

Italia sukses menjaga kesempurnaan mereka di Euro 2020 usai meraih kemenangan 3-0 atas Swiss, Kamis (17/6) dini hari WIB. Hasil yang dibukukan di Stadio Olimpico Roma tersebut merupakan kemenangan yang kedua milik Gli Azzurri setelah pada pertandingan pertama lawan Turki dengan skor identik.

Pasukan Roberto Mancini memulai pertandingan dengan sangat baik dan dominan, memaksa Swiss bertahan total sembari sesekali mencoba keluar menyerang dengan serangan balik.

Pada menit ke-20 sebenarnya publik Italia sempat bersorak, saat menyambut gol kapten tim, Giorgio Chiellini setelah kemelut di muka gawang Swiss. Tapi gol bek Juventus itu dianulir wasit karena terjadi pelanggaran handball dalam prosesnya.

Seakan bukan malamnya Chiellini. Selain golnya dianulir, bek veteran berusia 36 tahun itu tidak bisa melanjutkan permainan karena mengalami cedera dan posisinya di jantung pertahanan digantikan oleh Francesco Acerbi. Momen itu tidak menyurutkan daya juang Italia dan benar saja, enam menit berselang mereka benar-benar mampu membuka keunggulan. Berawal dari serangan kilat, Domenico Berardi menerima bola dan menusuk dari kanan, umpan silangnya secara sempurna berhasil dieksekusi oleh Manuel Locatelli dari jarak dekat.

Gol pemain Sassuolo itu membuat Italia semakin nyaman dalam menerapkan skema permainan mereka dan skor 1-0 bertahan sampai turun minum. Di babak kedua, Italia tetap mempertahankan irama mereka dan pada . . . Gabung . . . menit ke-51, mereka sukses menggandakan keunggulan. Lagi-lagi Locatelli yang mencatatkan namanya di papan skor, kali ini melalui tembakan dari luar kotak penalti selepas menerima sodoran Nicolo Barella.

Swiss berusaha mengembangkan permainan selepas tertinggal dua gol, tapi Italia tetap solid dan bisa membendung setiap percobaan yang dilancarkan lawan. Malah tuan rumah yang menambah skor, tepatnya semenit sebelum waktu normal paruh kedua berakhir, melalui tembakan striker utama mereka, Ciro Immobile dari jarak jauh yang tidak mampu dihentikan oleh tangan Yann Sommer.

Kemenangan atas Swiss memastikan langkah Italia menuju babak 16 besar Euro kali ini. Mereka duduk di pucuk klasemen Grup A dengan koleksi enam poin, unggul dua angka atas Wales yang beberapa jam sebelumnya menang 2-0 atas Turki. Selanjutnya, Italia akan menjalani partai penting lainnya menghadapi Wales sebagai penentuan juara grup pada 20 Juni mendatang.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...