Home > Berita Euro > Italia Bisa Menang Pada Laga Pembuka, Ini 5 Alasannya

Italia Bisa Menang Pada Laga Pembuka, Ini 5 Alasannya

Turnamen akbar Euro 2020 akan dibuka dengan pertandingan Italia melawan Turki pada laga Grup A di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB nanti.

Italia diunggulkan mampu memenangi laga ini mengingat tren positif yang sedang mereka jalani. Kekalahan terakhir Gli Azzurri terjadi pada September 2018 silam.

Skuad Roberto Mancini ini bahkan sukses menyapu bersih kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir di semua ajang, termasuk dua kemenangan di dua laga uji coba jelang Euro 2020.

Bermain di kandang sendiri jelas semakin menambah faktor untuk mengunggulkan Italia bisa mengalahkan Turki. Selain itu masih ada faktor lainnya yang bisa kita simak bersama dibawah ini.

Baca Juga : Euro 2020: Turki vs Italia, Menanti Aksi Pemain Serie-A

Lini Belakang Tangguh

Dalam dua laga uji coba jelang Euro 2020, masing-masing melawan San Marino dan Republik Ceko, Roberto Mancini selalu memasang formasi empat bek.

Hasilnya luar biasa. La Nazionale sukses mencatat clean sheet alias sama sekali tak kebobolan dan mencetak 11 gol, terlepas dari kualitas lawan yang berada di bawah mereka.

Kemungkinan besar, Mancini juga akan menurunkan formasi empat bek di pertarungan sebenarnya nanti. Duet bek tengah bakal diisi oleh dua penggawa Juventus, Chiellini dan Bonucci.

Duet Chiellini dan Bonucci pernah sukses mengantar Italia melaju hingga partai final Euro 2012 silam. Menarik dinanti bagaimana kiprah keduanya di edisi kali ini.

Gelandang Impresif

Di sektor gelandang, Mancini sepertinya akan menurunkan trio Nicolo Barella, Jorginho, dan Marco Verratti. Trio yang bisa dibilang memiliki kualitas luar biasa tetapi jarang disorot.

Penampilan impresif Barella sukses mengantar Inter Milan menjuarai Serie A 2020/21 kemarin. Selain itu, gelandang 24 tahun itu juga . . . Gabung . . . kerap menunjukkan penampilan apik kala dipercaya tampil di timnas.

Sementara itu, Jorginho baru saja sukses membawa Chelsea juara Liga Champions dan bisa menjadi nyawa permainan Italia pada Euro 2020 kali ini.

Ketajaman Lini Depan

Kemudian, di lini depan Mancini memiliki penyerang sekaliber Ciro Immobile. Meski hingga kini masih belum pernah mencetak gol di turnamen akbar, tetapi rekor gol Immobile bersama Lazio terbilang sangat impresif.

Sebagai pendukung Immobile, Mancini masih memiliki sederet bintang yang bisa menyisir dari kedua sisi sayap, mulai dari Lorenzo Insigne, Federico Chiesa, hingga Domenico Berardi.

Gaya Atraktif Roberto Mancini

Satu hal yang patut dinantikan dari kiprah Italia di Euro 2020 ini adalah gaya permainan atraktif yang diusung sang allenatore, Roberto Mancini.

Lama berkarier di Inggris sebagai pemain dan pelatih membuat Mancini bertekad mengubah stigma Italia yang selama ini dikenal sebagai tim yang gemar bermain bertahan.

Daya ledak Italia racikan Mancini akan mencoba menemui korban pertamanya pada Euro 2020, dan Turki bisa menjadi korban tersebut.

Faktor Tuan Rumah

Terlepas aturan kuota penonton hanya 30 persen dari kapasitas stadion Olimpico terkait Covid-19, Italia tetap lebih diuntungkan bisa bermain di kandang mereka sendiri.

Kehadiran suporter secara langsung di stadion bakal semakin menambah semangat Immobile cs untuk mengawali kiprah mereka di Euro 2020 kali ini dengan kemenangan.

 

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...