Home > Berita Euro > Ini Hobi Timnas Wales, Bikin Foto Aneh Euro 2020

Ini Hobi Timnas Wales, Bikin Foto Aneh Euro 2020

Timnas Wales menjadi sorotan saat pertandingan melawan timnas Swiss dalam partai Grup A EURO 2020 di Stadion Olimpiade, Baku, Sabtu (12/6/2021). Bukan karena permainan di lapangan, Wales disorot karena aksi mereka saat foto tim sebelum pertandingan melawan Swiss dimulai pada pukul 20.00 WIB. Wales menghasilkan foto tim yang tidak konvensional dengan komposisi pemain berdiri dan berjongkok tidak seimbang.

Sementara Gareth Bale dan lima rekan setimnya berjongkok di barisan depan, empat pemain lainnya berdiri di bagian belakang. Empat pemain belakang berdiri memenuhi area kiri mereka yang menghasilkan celah yang tidak biasa di belakang Gareth Bale dan Joe Allen. Dilansir Marca, pose itu menjadi bahan olok-olok karena dinilai menunjukkan kurangnya koordinasi di antara para pemain

Tapi, itu ternyata bukan kali pertama Wales bermain-main dengan foto pra-pertandingan mereka. Bahkan, menurut laporan The Guardian, Wales memang memiliki sejarah berpose buruk sebelum pertandingan. Pose tidak konvensional itu tercatat sudah mereka lakukan sejak 2002, tepatnya sebelum bertanding melawan Italia di partai Kualifikasi EURO 2004.

Kebiasaan itu berlanjut pada 2011 dalam pertandingan persahabatan melawan Cardiff, lalu empat tahun kemudian saat melawan Belgia di Kualifikasi EURO 2016. Dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia melawan Moldova pada 2017, mereka juga melakukan hal serupa. Mereka berbaris dengan enam pemain di belakang dan lima di depan, tetapi meninggalkan ruang antara Hal Robson Kanu dan Aaron Ramsey yang bisa membuat orang lain masuk ke dalamnya.

Pada tahun yang sama melawan Serbia, mereka memiliki tujuh pemain berdiri dan empat jongkok di depan, tetapi Jazz Richards menatap Ben Davies bukannya kamera. Ternyata kebiasaan ini terus berlanjut dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018. Saat Wales melawan Austria dan Georgia, mereka kembali menerapkan pose foto aneh itu. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan publik, apakah pose ini memiliki makna tertentu atau hanya sebatas hiburan saja?

Joe Ledley, mantan pemain timnas Wales, menjabarkan alasan di balik pose foto aneh itu pada 2017. Menurut Ledley, . . . Gabung . . . tradisi itu dimulai karena mereka menyadari betapa buruknya mereka di foto. Ledley pun mengakui kalau ada unsur candaan dalam pose foto yang mereka tampilkan. Bahkan dia juga mengatakan kalau para pemain Wales sering melakukan pertemuan khusus untuk membicarakan pose yang akan dilakukan.

Tapi, walau ada unsur candaan di dalamnya, dia pun berkata kalau tidak sepenuhnya pose itu dimaksudkan untuk candaan semata.

“Ya, memang itu pada awalnya hanya dimaksudkan untuk bercanda. Tapi, pada akhirnya kami juga sadar kalau kami tidak pandai berfoto di depan kamera,” kata Ledley, dikutip dari Wales Online.

“Akhirnya kami mencoba pose yang berbeda, dengan pose yang biasa kami lakukan saat ini.”

“Walau itu juga masih terlihat kurang bagus, tapi setidaknya kami menemukan gaya berfoto yang pas untuk tim.”

“Beruntungnya kami, pose ini membuat kami semakin terkenal. Untuk ke depannya, saya bahkan berpikir kalau kami tidak akan bergaya seperti halnya tim-tim lain.”

“Nantikan saja, Anda akan melihat gaya lain yang berbeda dari sebelumnya. Para pemain sudah berbicara satu sama lain dan menentukan gaya apa yang akan dipakai nanti.”

“Itu juga merupakan keberuntungan bagi kami. Ini tidak benar-benar takhayul tapi saya tidak berpikir kami akan memiliki foto yang tepat,” jelasnya lagi.

Kalau Wales percaya pada jimat itu, maka kemungkinan tradisi itu akan berlanjut karena mereka berhasil meraih poin melawan Swiss berkat sedikit keberuntungan setelah foto pra-pertandingan mereka yang ganjil.

Wales dan Swiss bermain imbang 1-1 setelah gol sundulan Breel Embolo dibalas tuntas oleh lesakan kepala Kieffer Moore. Keberuntungan menghampiri Wales lewat Video Assistant Referee (VAR) yang menganulir gol Mario Gavranovic, yang sempat membuat angka di papan skor 2-1 buat Swiss.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...