Home > Berita Piala Dunia > Kualifikasi Piala Dunia > Head to Head : Shin Tae-yong Hanya Sekali Kalah Dari Park Hang-seo

Head to Head : Shin Tae-yong Hanya Sekali Kalah Dari Park Hang-seo

Dubai – Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Vietnam pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Laga akan digelar di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (7/6/2021) malam pukul 23.45 WIB.

Yang tersaji pada laga ini tidak hanya pertandingan antara dua timnas, namun juga adu gengsi antara dua pelatih ternama asal Korea Selatan.

Seperti diketahui, Timnas Vietnam yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia nanti, sejak 2017 lalu dilatih oleh pelatih asal Korea Selatan, yakni Park Hang-seo.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, kedua pelatih asal Korea Selatan ini telah bertemu sebanyak 10 di level klub, sedangkan untuk level timnas keduanya belum pernah bertarung.

Total dari 10 kali pertemuan tersebut, Shin Tae-yong jauh lebih unggul daripada Park Hang-seo. Shin Tae-yong sudah menang 8 kali atas koleganya itu, sedangkan Park Hang-seo baru menang sekali Satu laga sisanya berakhir imbang.

Terkait catatan menterengnya atas Park Hang-seo, Shin Tae-yong hanya menganggap itu hanyalah catatan masa lalu, dan tidak bisa dipakai sebagai dasar untuk membandingkan keduanya saat ini.

“Pertemuan itu terjadi di Korea Selatan dan itu hanya masa lalu. Itu pun terjadi di kompetisi Korea Selatan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan.

“Coach Park Hang-seo kini menjadi lebih baik. Saat ini, . . . Gabung . . . saya sebagai penantangnya. Jadi, saya harus mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik,” ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo pertama kali bertemu pada 2009 lalu, tepatnya pada babak penyisihan K League Cup atau Piala Korea Selatan 2009.

Saat itu, Shin Tae-yong yang masih melatih Seongnam Ilhwa Chunma, menang atas Park Hang-seo yang menjadi pelatih Chunnam Dragons.

Sedangkan pertemuan terakhr keduanya terjadi di pekan ke-14 K-League 2012, pada 1 Desember 2012. Shin Tae-yong yang saat itu masih melatih Seongnam Ilhwa Chunma menang atas Park Hang-seo yang sudah bergabung bersam Sangju Sangmu.

Satu-satunya kekalahan Shin Tae-yong dari Park Hang-seo terjadi pada pekan ke-25 K-League 2009. Ketika itu, Chunnam Dragons yang dilatih Park Hang-seo mampu mengalahkan Seongnam Ilhwa Chunma-nya Shin Tae-yong.

Karena itu, menarik untuk mengikuti bagaimana pertarungan antara Shin Tae-yong dan Park Hang-seo pertama kalinya di level timnas.

x

Check Also

PROKES Dilakukan Timnas Dengan Ketat Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022

Serangkaian protokol kesehatan ketat jelang tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dijalani Timnas Indonesia. Bahkan, ...