Home > Berita Euro > Hasil Pertandingan Italia vs Wales 1-0

Hasil Pertandingan Italia vs Wales 1-0

Timnas Italia menang tipis 1-0 atas Wales di matchday ketiga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Minggu (20/06/2021) malam WIB.

Di pertandingan ini, Italia membuat delapan perubahan dari skuat yang terakhir kali bersua lawan Swiss. Sementara Wales melakukan tiga pergantian dari tim yang sebelumnya berduel lawan Turki.

Gol Italia di laga ini dicetak oleh Matteo Pessina. Sementara itu Wales harus bermain dengan 10 pemain menyusul dikartu merahkannya Ethan Ampadu.

Hasil ini membuat Italia keluar sebagai juara Grup A dengan hasil sempurna. Sementara itu Wales berada di posisi runner-up meski kalah.

Babak Pertama

Italia masih bermain menyerang. Mereka juga bermain dengan agresif. Wales pun juga mencoba bermain ofensif demi mendapatkan poin.

Duel pun berlangsung dengan sengit. Khususnya di lini tengah. Apalagi Italia berusaha keras untuk memastikan para pemain Wales tak bisa menguasai bola dengan tenang di lini tengah.

Italia kemudian menguasa laga dan bisa membangun serangan berbahaya ke kotak penalti Wales. Pada menit 15 dan 17 misalnya, Azzurri mendapat kans melalui Emerson dan Pessina. Namun semua peluang itu bisa dimentahkan Ward.

Pada menit ke-25, Italia mendapat peluang emas dari jarak dekat. Belotti yang berdiri di area kiri tiang gawang Wales melepas tendangan keras. Namun untungnya bola tak mengarah ke sasaran. Dua menit kemudian Wales mendapat peluang emas melalui tandukan Gunter, memanfaatkan corner dari James. Namun bola cuma melipir tipis di atas mistar gawang Azzurri.

Pada menit ke-30 Chiesa mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol dari jarak dekat. Namun bola tendangannya juga masih tak mengenai sasaran karena cuma melintas saja di depan gawang Wales.

Pada menit ke-39, gol akhirnya tercipta. Italia sukses menjebol gawang Wales melalui situasi set piece yang apik. Matteo Pessina menendang bola hasil free kick Marco Verratti. Skema tendangan bebas ini tampaknya sudah sering dilatih oleh penggawa Azzuri . . . Gabung . . . dan bukan sebuah kebetulan. 1-0.

Gol ini jadi penutup laga babak pertama. Italia 1-0 Wales.

Babak Kedua

Di babak kedua ini pertandingan makin sengit. Italia pun tak jarang melakukan pelanggaran agar bisa menghentikan alur serangan Wales.

Namun Italia masih tetap berbahaya. Pada menit ke-53, mereka nyaris mencetak gol. Namun bola tendangan bebas Bernardeschi masih menghantam tiang kanan bawah gawang Wales.

Pada menit ke-55, Wales mendapat kerugian besar. Ethan Ampadu mendapat kartu merah langsung usai dianggap melakukan pelanggaran berbahaya pada Bernardeschi.

Pada menit ke-65, Italia mendapat peluang apik. Chiesa sukses menerobos pertahanan kiri Wales. Setelah masuk kotak penalti, ia memberikan umpan tarik pada Belotti. Namun bola tendangannya masih bisa diblok oleh Ward.

Italia berusaha untuk memaksimalkan keunggulan pemain yang mereka miliki. Namun mereka masih kesulitan untuk bisa menembus pertahanan Wales lagi.

Di sisi lain Wales juga terus berusaha untuk setidaknya menyamakan skor. Mereka sampai mengubah taktik, termasuk menarik keluar Bale pada menit ke-85.

Namun sampai akhir, tak ada gol yang tercipta. Italia pun menang 1-0 atas Wales.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci, Alessandro Bastoni, Emerson; Jorginho, Marco Verratti, Matteo Pessina; Federico Bernadeschi, Andrea Belotti, Federico Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini

Wales (3-5-2): Danny Ward; Chris Gunter, Joe Rodon, Ethan Ampadu; Neco Williams, Aaron Ramsey, Joe Morrell, Joe Allen, Connor Roberts; Daniel James, Gareth Bale.

Pelatih: Rob Page.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...