Home > Berita Euro > Euro 2020: Timnas Italia Usung Semangat Juara 2006

Euro 2020: Timnas Italia Usung Semangat Juara 2006

Timnas Italia menatap optimis putaran final Euro 2020. Di bawah arahan Roberto Mancini, timnas Italia termotivasi untuk merengkuh gelar Euro 2020. Gelar bergengsi terakhir yang diraih oleh timnas Italia adalah Piala Dunia 2006.

Saat itu, Gli Azzurri dihuni oleh generasi emas pemain bintang yang banyak berkarier di Liga Italia. Italia yang dilatih Marcello Lippi dan dikapteni oleh Fabio Cannavaro sukses menggondol trofi Piala Dunia 2006 usai mengandaskan perlawanan Prancis di final. Sempat bermain imbang 1-1 di waktu normal, Italia berhasil keluar sebagai juara usai menang adu penalti atas Prancis dengan skor 5-3.

Sekarang, generasi emas baru sudah lahir di bawah era Roberto Mancini. Kombinasi pemain veteran dan pemain berdarah muda menjadi kekuatan baru Italia racikan Mancini. Hasilnya terlihat dengan torehan rekor tidak terkalahkan dalam 27 pertandingan di berbagai ajang secara beruntun. Hebatnya, 8 pertandingan terakhirnya berakhir dengan kemenangan, tanpa sekali pun dinodai oleh gol lawan.

Modal itu dinilai menjadi bekal yang bagus bagi Gli Azzurri dalam mengarungi Euro 2020, di mana mereka tergabung di dalam Grup A bersama Turki, Swiss, dan Wales. Hal itu menjadi tekad bagi Italia untuk menyudahi dahaga gelar yang sudah begitu lama di ajang Euro. Terakhir kali Italia menjadi juara Euro adalah pada edisi 1968 dan itu menjadi satu-satunya gelar mereka di kejuaraan antarnegara Benua Biru.

Optimisme pun . . . Gabung . . . digaungkan oleh winger Italia, Federico Bernardeschi. Federico Bernardeschi menilai timnya berpotensi untuk menjadi juara pada Euro 2020. Winger milik Juventus itu ingin Gli Azzurri mengusung semangat dan antusiasme dari keberhasilan menjuarai Piala Dunia 2006 pada Euro kali ini. Pengalaman indah itu membekas bagi Bernardeschi, di mana sang pemain masih berusia 12 tahun saat Italia menjadi juara dunia 2006.

“Saya memiliki memori tentang tim nasional pada 2006,” kata Bernardeschi, dikutip dari RAI Uno.

“Tim nasional itu membuat kami semua bermimpi, kami memenangkan Piala Dunia.”

“Itulah yang ingin kami lakukan, membawa semangat dan antusiasme tersebut kembali ke seluruh bangsa,” kata Bernardeschi melanjutkan.

Italia akan memulai kiprah mereka di Euro 2020 dengan melawan Turki di laga pembuka Grup A. Duel antara Italia dan Turki akan tersaji di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (11/6/2021) atau Sabtu pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu juga menjadi penanda dibukanya Euro 2020 yang akan berlangsung dari 11 Juni sampai 11 Juli.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...