Home > Berita Liga Indonesia > Delapan Tim Positif Ikut Piala Wali Kota Solo 2021

Delapan Tim Positif Ikut Piala Wali Kota Solo 2021

Solo – Sebanyak delapan tim dipastikan ikut dalam turnamen mini Piala Wali Kota Solo 2021 yang rencananya akan digelar pada 21-27 Juni mendatang, di Stadion Manahan Solo.

Delapan tim yang telah menyatakan diri ikut terdiri dari empat tim Liga 1 dan empat tim Liga 2.

Kedelapan tim tersebut yakni Persis Solo, PSG Pati, RANS Cilegon FC, Dewa United, Bali United, Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, dan Arema FC.

Dalam turnamen yang digagas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ini akan menggunakan format knock-out atau sistem gugur.

Panitia pelaksana pada turnamen ini yakni Mahaka Sports and Entertainment, sebagai bagian dari PT Mahaka Media Tbk, milik Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga pemilik 20 persen saham di Persis Solo.

Selama ini, Mahaka Sports and Entertainment telah berpengalaman menggelar sejumlah turnamen sepak bola di Tanah Air, seperti Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2015, Piala Bhayangkara 2016, Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016, hingga Piala Presiden 2019.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka memastikan bahwa izin terkait turnamen ini sudah selesai, tinggal menunggu kedatangan pada peserta pertandingan.

“Delapan tim (peserta) sudah bersedia semua, dari awal sudah bersedia, izinnya juga sudah keluar semua. Klubnya sudah fix itu, nanti mulainya 21 sampai 27 Juni, dengan sistem knock-out biar cepat selesai,” jelas Gibran Rakabuming Raka, Selasa (8/6/2021).

Menurut Gibran, penentuan peserta berdasarkan kesediaan dan kesiapan masing-masing klub, karena beberapa klub yang lain saat ini tengah fokus menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menjelang kompetisi Liga 1 2021/22.

“Kemarin banyak yang bertanya, kok tim ini diajak, dan tim ini tidak diajak. Ini bukan masalah tidak diajak, beberapa tim yang besar itu mau fokus latihan untuk persiapan Liga. Anggarannya tentu dari sponsor,” tegas Gibran.

Sementara itu, tim juara pada turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 ini akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 500 juta, runner up mendapatkan Rp 300 juta, peringkat ketiga Rp 200 juta, sedangkan keempat mendapatkan Rp 100 juta.

Untuk match fee di setiap pertandingan, yang menang akan mendapatkan Rp 75 juta, sedangkan yang kalah mendapatkan Rp 40 juta.

x

Check Also

Raffi Ahmad Sebut Potensi Industri Sportainment di Indonesia Sangat Besar

Yogyakarta – Artis Raffi Ahmad yang kini terjun di dunia sepak bola menyebutkan bahwa potensi ...