Home > Berita Euro > Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Top Scorer Piala Eropa Sepanjang Masa

Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Top Scorer Piala Eropa Sepanjang Masa

Jakarta – Portugal menang dengan skor 3-0 atas Hungaria pada matchday pertama Grup F Euro 2020, di Stadion Puskas, Selasa (15/6/2021).

Pada laga tersebut, Cristiano Ronaldo menyumbang dua golnya bagi Portugal, yakni di menit 87’ dan 90+2’. Sedangkan satu gol lainnya dicetak Raphael Guerreiro di menit ke-84.

Dengan dua gol yang dicetak tersebut kini Ronaldo sudah melewati jumlah gol yang dicetak legenda sepak bola Prancis, Michel Platini, yakni 9 gol.

Saat ini, Ronaldo sudah mengemas 11 gol dan memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Piala Eropa sepanjang masa.

Ronaldo juga mencatatkan sebagai pemain pertama yang bermain di lima edisi Piala Eropa.

Namun soal pencetak gol terbanyak di Piala Eropa, mungkin Michel Platini bisa disebut masih lebih hebat dari Ronaldo.

Baca juga : Ronaldo Merasa Terbantu Bisa Jadi Man of the Match

Bila Ronaldo membutuhkan lima edisi Piala Eropa untuk mencapai 11 gol, Michel Platini hanya membutuhkan satu edisi Piala Eropa saja untuk mengumpulkan 9 gol.

Bahkan di Euro 1984 tersebut Platini hanya membutuhkan lima laga untuk mencetak 9 gol, atau rasionya tercatat 1,8 gol per laga.

Sedangkan 11 gol yang dicetak Ronaldo membutuhan 22 laga, atau dengan rasio 0,5 gol per laga.

Di bawah Ronaldo ada mantan penyerang Inggris, Alan Shearer, dengan . . . Gabung . . . 7 gol dari 9 penampilan saja di tiga edisi Piala Eropa, yakni Euro 1992, 1996, dan 2000.

Sementara itu, Antoine Griezmann yang masih aktif membela Timnas Prancis sudah mengumpulkan enam gol di dua edisi Piala Eropa, yakni Euro 2016 dan 2020.

Di usianya yang masih 30 tahun, Antoine Griezmann masih memiliki peluang yang cukup besar untuk melewati catatan Ronaldo.

Berikut daftar top scorer Piala Eropa sepanjang masa :

11 gol – Cristiano Ronaldo (Portugal)
9 gol – Michel Platini (Prancis)
7 gol – Alan Shearer (Inggris)
6 gol – Antoine Griezmann, Thierry Henry (Prancis), Ruud van Nistelrooy, Patrick Kluivert (Belanda), Wayne Rooney (Inggris), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Nuno Gomes (Portugal)
5 gol – Savo Milosevic (Serbia), Marco van Basten (Belanda), Milan Baros (Rep Ceska), Juergen Klinsmann, Mario Gomez (Jerman), Fernando Torres (Spanyol), Zinedine Zidane (Prancis)

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...