Home > Berita Euro > Catatan Statistik Luar Biasa Manuel Locatteli di Laga Italia vs Swiss

Catatan Statistik Luar Biasa Manuel Locatteli di Laga Italia vs Swiss

Manuel Locatelli pantas diguyur pujian setelah berhasil mengantarkan Italia menang atas Swiss dalam pertandingan kedua fase grup Euro 2020 hari Kamis (17/6/2021). Bukan cuma mengantongi dua gol, statistiknya pun cukup gemilang. Pemain Sassuolo itu ditandemkan dengan Jorginho dan Nicolo Barella di lini tengah sejak menit awal permainan. Ia membuka kemenangan Gli Azzurri saat pertandingan sudah berjalan 26 menit, memanfaatkan asis Domenico Berardi.

Belum puas dengan satu gol, Locatelli kembali membobol gawang Swiss saat babak kedua baru berjalan tujuh menit. Kali ini golnya bisa tercipta berkat bantuan dari gelandang Inter Milan, Nicolo Barella. Ciro Immobile menutup kemenangan Italia dengan golnya yang lahir pada menit ke-89. Hasil itu memastikan satu tempat buat pasukan Roberto Mancini di babak 16 besar.

Statistik Locatelli pada pertandingan ini cukup gemilang. Menurut catatan Squawka, akurasi tembakan pria berusia 23 tahun itu mencapai 100 persen. Akurasi umpannya pun tidak kalah bagus, yaitu sebesar 90 persen. Locatelli melakukan 57 sentuhan selama pertandingan berlangsung, empat di antaranya dilakukan di kotak penalti lawan. Selain itu, ia juga membuat 51 operan yang delapan di antaranya mengarah ke sepertiga akhir lapangan.

Mantan pemain AC Milan itu juga melakukan satu tackling sukses dan . . . Gabung . . . dua intersep. Tidak heran kalau salah satu situs statistik terkemuka, Whoscored, menobatkan dirinya sebagai man of the match dengan rating 8.7.

Berikutnya, dua gol yang dibukukan di pertandingan kali ini mengukuhkan Locatelli sebagai pemain Italia ketiga yang mampu mencatatkan brace di ajang Euro. Atau yang pertama sejak Mario Balotelli menghujam gawang Jerman dua kali di tahun 2012 silam. Pencetak brace lainnya buat Gli Azzurri di ajang ini adalah Pierluigi Casiraghi. Ia mengantongi dua gol saat membantu Italia mengalahkan Rusia dengan skor tipis 2-1 pada tahun 1996 lalu.

Performa bagus ini bisa menjadi kabar baik ataupun buruk buat klub peminatnya, Juventus. Sebelum pertandingan ini diadakan, Locatelli diyakini memiliki harga sebesar 40 juta euro. Tentu, Sassuolo bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan keuntungan besar darinya.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...