Home > Berita Euro > Berkat Mancini, Italia Dari Yang Berantakan Menjadi Menakutkan

Berkat Mancini, Italia Dari Yang Berantakan Menjadi Menakutkan

Penampilan Timnas Italia ketika bertemu Timnas Turki dalam laga perdana Euro 2020 di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6/2021) mengundang decak kagum. Tidak heran kalau sang pelatih, Roberto Mancini, jadi kebanjiran pujian.

Italia berhasil keluar sebagai pemenang dari laga tersebut dengan skor telak 3-0. Setelah ditahan imbang 0-0 di babak pertama, Italia langsung melumat Turki tiga gol tanpa balas pada 45 menit kedua.

Kemenangan Gli Azzurri dibuka oleh gol bunuh diri Merih Demiral, pada menit ke-53. Ciro Immobile membubuhkan nama di papan skor pada menit ke-66, disusul Lorenzo Insigne yang turut mencetak gol 13 menit berselang.

Hasil tersebut jelas menjadi modal positif buat TImnas Italia untuk melewati fase grup. Kalau berhasil mengalahkan Swiss pada pertemuan kedua hari Kamis (17/6/2021) nanti, Gli Azzurri berpeluang buat lolos ke 16 besar.

Baca Juga : Berardi Tampil Menawan di Timnas Italia, Bisa Membuat MU Tergiur

Bukan cuma sekadar meraih tiga angka semata, Timnas Italia menunjukkan performa yang memukau pada pertandingan kali ini. Giorgio Chiellini tampil superior, menguasai laga sejak menit awal dan menunjukkan permainan yang menghibur.

Sungguh, Italia sekarang sudah jauh berbeda. Tak lagi seperti kala mereka gagal melewati . . . Gabung . . . fase kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Mancini yang bertanggung jawab atas transformasi itu dan sudah sepatutnya mendapatkan pujian.

“Italia dulunya berantakan ketika Mancini mengambil alih. Dia mengubah gaya bermain. Mereka benar-benar impresif pada setiap hal yang dilakukan, tidak hanya dengan bola tapi juga tanpanya,” ujar legenda Inggris, Alan Shearer, dikutip dari BBC.

Pujian juga datang dari mantan bek Manchester City yang pernah menjadi anak asuh Mancini, Micah Richards. Baginya, Italia berhasil membuat kejutan di laga perdana dan Mancini adalah dalang di balik kesuksesan itu.

“Orang-orang akan berjalan menuju ke puncak tapi anda ingin laga pertama menjadi sebuah ledakan, dan kami benar-benar mendapatkan itu,” ujar Richards kepada BBC Radio 5 Live.

“Bukan cuma para pemainnya, tapi juga pelatih pantas untuk mendapatkan pujian besar atas penerapan kepercayaan diri itu ke dalam pemain,” pungkasnya.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...