Home > Berita Euro > Berita Euro: Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Laga Putaran Final

Berita Euro: Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Laga Putaran Final

Setelah tertunda setahun, gelaran Euro 2020 bakal digelar mulai akhir pekan ini. Sebelas kota di sebelas negara akan menjadi tuan rumah dari turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini.

Gelaran ini akan menjadi yang ke-16 sepanjang gelaran Piala Eropa. Ajang ini sendiri mulai digelar pada 1960 lalu.

Dalam 15 edisi putaran final Euro, tak ada seorang pemain pun yang bisa mencetak quart-trick (empat gol dalam satu pertandingan, red). Memang, Patrick Kluivert sempat mencetak empat gol pada laga kontra Yugoslavia pada gelaran Euro 2000. Namun, gol keempat penyerang legendaris Belanda ini dianulir.

Karenanya, dalam 15 gelaran Piala Eropa ini, catatan gol terbanyak seorang pemain di putaran final adalah tiga gol dalam satu pertandingan.

Siapa saja para pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu laga di putaran final Piala Eropa? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

David Villa

David Villa mencetak tiga gol pada putaran final Piala Eropa 2008, kala menghadapi Rusia. Dalam pertandingan yang dihelat pada 10 Juni 2008 tersebut, Villa sukses membawa La Furia Roja meraih kemenangan 4-1.

Patrick Kluivert

Patrick Kluivert mencetak hat-trick pada laga Perempat Final Piala Eropa 2000, kontra Yugoslavia. Penyerang Timnas Belanda ini, seperti sempat disinggung di atas, sempat mencetak empat gol pada laga ini. Namun, gol keempat Kluivert akhirnya dianulir. Pada laga yang dihelat 25 Juni 2000 ini, Belanda menang dengan skor 6-1.

Sergio Conceicao

Sergio Conceicao mencetak trigol pada fase grup Piala Eropa 2000, versus Jerman. Dalam laga yang dihelat 20 Juni 2000 ini, trigol dari Conceciao membawa Timnas . . . Gabung . . . Portugal mengalahkan Jerman dengan skor 3-0.

Marco van Basten

Marco van Basten mencetak hat-trick pada fase grup Piala Eropa 1988, menghadapi Inggris. Pada laga yang dihelat 15 Juni 1988 tersebut, Van Basten sukses membawa De Oranje menang dengan skor 3-1.

Michel Platini

Michel Platini mencetak sejarah sebagai pemain satu-satunya sejauh ini yang mencetak hat-trick dalam dua pertandingan di putaran final Piala Eropa. Platini mencetak hat-trick pertamanya pada fase grup Piala Eropa 1984 kontra Belgia. Pada laga yang dihelat 16 Juni 1984 tersebut, Les Bleus sukses meraih kemenangan 5-0.

Tiga hari berselang, Platini kembali menjadi aktor utama kemenangan timnya ketika mencetak trigol ke gawang Timnas Yugoslavia. Pada pertandingan yang digelar 19 Juni 1984 tersebut, Prancis menang dengan skor 3-2.

Klaus Allofs

Allofs mencetak hat-trick pada fase grup Piala Eropa 1980, kontra Timnas Belanda. Dalam pertandingan yang digelar 14 Juni 1980 tersebut, Allofs sukses membawa timnya meraih kemenangan 3-2.

Dieter Muller

Muller merupakan pemain pertama yang mencetak trigol pada putaran final Piala Eropa sepanjang sejarah gelaran turnamen tersebut. Pemain asal Jerman ini mencetak hat-trick ketika timnya mengalahkan Yugoslavia dengan skor 3-2, 17 Juni 1976.

x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...