Home > Berita Liga Indonesia > Persebaya Surabaya > Wacana Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Aji Santoso : Akan Sarat Kepentingan

Wacana Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Aji Santoso : Akan Sarat Kepentingan

Surabaya – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, ikut berkomentar terkait munculnya wacana bahwa kompetisi Liga 1 2021 akan digelar dengan tanpa degradasi.

Seperti diketahui, santernya soal wacana kemungkinan kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi diawali dari rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Senin (3/5/2021) lalu yang membahas soal jadwal kongres tahunan PSSI dan juga terkait Liga 1, Liga 2, serta Liga 3 2021.

Hal tersebut dibahas karena adanya permintaan dari sejumlah klub Liga 1 dan Liga 2 agar kompetisi mendatang digelar tanpa adanya degradasi karena masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga banyak klub yang kesulitan untuk mempersiapkan timnya dengan maksimal.

Menyikapi hal ini, Aji Santoso berpendapat bahwa kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi akan sangat berpengaruh terhadap persaingan antar tim.

Baca juga : Liga 1 2021 Kemungkinan Besar Tanpa Degradasi

Selain itu, Aji juga mengaku khawatir tidak adanya degradasi membuat kompetisi akan penuh dengan kepentingan dan berdampak kurang baik bagi persepakbolaan Indonesia.

“Pasti aura kompetisinya berkurang, persaingannya juga tidak seketat ketika ada promosi degradasi,” kata Aji Santoso, Sabtu (8/5/2021).

“Yang berikutnya ya kita tidak berburuk sangka tapi kita harus mengantisipasi kalau tidak ada degradasi itu akan banyak pertandingan yang penuh dengan kepentingan-kepentingan,” jelas Aji.

“Kalau seumpamanya sampai terjadi pengaturan skor nanti di mata masyarakat sepak bola kita itu jadi tidak bagus,” ucanya.

Karena itu, mantan pelatih Persela Lamongan ini meminta kepada PSSI untuk mempertimbangkan dengan bagi terkait untung ruginya. Apalagi, bila tujuannya hanya untuk menambah peserta pada Liga 1 2022 mendatang.

“Kalau menghendaki tahun 2022 ada 20 tim di Liga 1 tidak masalah, turun 2 naik 4 kan bisa, kan begitu,” ujar Aji Santoso.

“Mudah-mudahan keputusan benar-benar baik, benar-benar akurat untuk persepakbolaan Indonesia,” tandasnya.

x

Check Also

Aji Santoso Pilih Pemain Asing Usia Muda Karena Alasan Ini

Surabaya – Persebaya Surabaya telah mendatangkan dua pemain asing, yakni Taisei Marukawa dan Jose Wilkson. ...