Home > Berita Liga Champions > UEFA Hukum 9 Anggota ESL Dengan Pinalti Finansial

UEFA Hukum 9 Anggota ESL Dengan Pinalti Finansial

UEFA, badan sepak bola Eropa mengumumkan pemberian sanksi penalti finansial terhadap sembilan klub yang sempat membangkang ikut kompetisi ilegal European Super League.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, munculnya rencana 12 klub top Eropa untuk menggelar kompetisi baru bertajuk European Super League. Ide ini pun langsung mendapat tentangan dari berbagai pihak, mulai dari suporter, klub lain, otoritas liga domestik, hingga badan sepak bola Eropa UEFA.

Setelah munculnya protes sana-sini, sembilan klub di antaranya akhirnya memutuskan untuk mundur dari keikutsertaan mereka di Super League. Sementara itu, tiga klub lainnya tetap pada keputusan mereka.

Pernyataan UEFA

Walaupun telah membatalkan keikutsertaan mereka, tetapi sembilan klub tersebut – Arsenal, AC Milan, Chelsea, Atletico Madrid, Inter, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham – tetap mendapat sanksi dari UEFA.

Hukuman yang diberikan tersebut adalah potongan lima persen pendapatan yang mereka terima dari UEFA selama satu musim.

“Sembilan klub itu mengakui dan menerima bahwa proyek Liga Super adalah sebuah kesalahan dan meminta maaf kepada fans, asosiasi nasional, liga nasional, sesama klub Eropa dan UEFA,” demikian bunyi pernyataan dari UEFA.

“Mereka juga telah mengakui bahwa proyek tersebut tidak akan disahkan berdasarkan Statuta dan Regulasi UEFA.”

Kesembilan klub tersebut diwajibkan membayar uang senilai 15 juta . . . Gabung . . . euro yang takkan masuk kantong UEFA, tetapi akan digunakan untuk kepentingan sepak bola anak-anak, remaja, dan grassroots di Eropa.

Klub-klub tersebut diancam dengan sanksi denda mencapai 100 juta euro jika mereka mencoba tampil di turnamen ilegal seperti European Super League.

Nasib Tiga Klub Lain

Sedangkan, tiga klub lainnya yang bersikukuh melanjutkan proyek European Super League, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Juventus akan mendapatkan perlakukan yang tentunya berbeda.

UEFA menyatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan lebih lanjut terhadap ketiga klub tersebut dan bisa jadi akan memberikan sanksi yang jauh lebih berat.

“Selain itu, dan bergerak maju, UEFA telah memiliki semua hak untuk mengambil tindakan apa pun yang dianggap pantas terhadap klub-klub yang sejauh ini menolak untuk membatalkan apa yang disebut ‘Liga Super’.

“Masalah ini akan segera dirujuk ke badan disipliner UEFA yang kompeten.”

x

Check Also

Messi

PSG Gagal Menang Meski Diperkuat Messi 90 Menit

Madrid – Lionel Messi untuk kali pertama tampil penuh bersama Paris Saint-Germain. Namun, sang megabintang ...