Home > Berita Liga Italia > AS Roma > Prediksi Formasi Yang Akan Dibawa Jose Mourinho Bersama AS Roma

Prediksi Formasi Yang Akan Dibawa Jose Mourinho Bersama AS Roma

Jakarta – AS Roma telah resmi mendatangkan Jose Mourinho sebagai pelatih baru di musim 2021/22 mendatang, menggantikan Paulo Fonseca. Mantan pelatih Tottenham Hotspur ini akan menangani AS Roma selama tiga musim.

“Pihak klub dengan gembira mengumumkan tercapainya kesepakatan dengan AS Roma untuk menjadi pelatih kepala kami mulai musim 2021/2022,” demikian pernyataan resmi AS Roma.

Menurut Presiden AS Rona, Dan Friedkin, Jose Mourinho diharapkan bisa mengembalikan kejayaan AS Roma.
“Kami sangat gembira bisa menyambut Jose Mourinho ke dalam keluarga AS Roma,” kata Dan Friedkin.

“Sebagai seorang juara yang telah memenangi trofi di semua level, Jose akan menghadirkan kepemimpinan dan pengalaman luar biasa untuk proyek ambisius kami,” ujar Dan Friedkin.

“Penunjukkan Jose adalah langkah besar dalam membangun kultur kemenangan jangka panjang yang konsisten di dalam tubuh klub,” lanjutnya.

Nama besar Jose Mourinho memang selalu dikaitkan dengan klub-klub besar yang pernah ia tangani, seperti FC Porto, Real Madrid, Inter Milan, Chelsea, Manchester United, hingga Tottenham Hotspur.

Baca juga : Jose Mourinho Diprediksi Akan Kesulitan Menangani AS Roma

Karena itu, tidak heran bila banyak yang penasaran akan seperti apakah wajah AS Roma di tangan Jose Mourinho.

Jose Mourinho sendiri dikenal sebagai pelatih yang tidak memiliki pakem yang pasti saat menangani sebuah tim, seperti Pep Giuariola dan Zinedine Zidane dengan formasi 4-3-3 atau, Antonio Conte dengan 3-5-2.

Bahkan Jose Mourinho sering dikecam karena sering memainkan sepak bola negatif agar mendapatkan kemenangan.

Jose Mourinho juga sering menerapkan formasi yang berubah-ubah. Di Chelsea, ia cukup identik dengan formasi 4-3-3, sedangkan di Real Madrid, Jose Mourinho beralih ke 4-3-2-1. Sementara itu, ketika melatih Inter Milan dan Tottenham, Mourinho memakai formasi 4-2-3-1.

Namun ada satu formasi yang selalu menjadi pegangan Mourinho di tim manapun, yakni 6-3-1, atau formasi parkir bus.

Sementara itu di AS Roma, Jose Mourinho cukup memiliki banyak pilihan untuk formasinya karena Giallorossi sejatinya memiliki pemain yang cukup merata di . . . Gabung . . . semua lini.

Jose Mourinho diprediksi akan menggunakan formasi 4-3-2-1, seperti saat ia menangani Real Madrid.

Meski demikian, AS Roma memiliki kelemahan di barisan pertahanan yang harus segera dibereskan bila ingin bersaing di musim depan. Di 10 besar klasemen sementara Serie A 2020/21, AS Roma menjadi tim yang paling banyak kebobolan, yakni 53 gol.

Dengan asumsi bahwa Jose Mourinho masih menggunakan skuad yang ada saat ini, maka barisan lini belakang Roma bisa diisi oleh Leonardo Spinazolla (kiri), Rick Karsdorp/Bruno Peres (kanan), Chris Smalling (tengah), dan Marash Kumbulla (tengah).

Sedangkan tiga gelandang yang akan dipasang Mourinho yakni Bryan Cristante, Jordan Veretout/Amadou Diawara, dan Lorenzo Pellegrini.

Untuk gelandang serang kemungkinan besar Mourinho akan tetap memasang duet Henrikh Mkhitaryan dan Nicolo Zaniolo/Lorenzo Pellegrini yang musim ini sudah terbukti ampuh.

Di posisi ujung tombak akan diisi oleh Edin Dzeko atau striker baru nantinya.

Sementara itu, bila formasi 4-2-3-1 yang dipakai, maka Mourinho bisa menduetkan Bryan Cristante dan Jordan Veretout sebagai double pivot.

Stephan El Shaarawy akan dimaksimalkan sebagai penyerang sayap kiri. Sedangkan El Shaarawy akan ditemani oleh Henrikh Mkhitaryan di tengah dan Nicolo Zaniolo di sayap kanan.

Perkiraan Formasi Jose Mourinho di AS Roma:

4-3-2-1
Kiper: Pau Lopez
Belakang: Leonardo Spinazolla (kiri), Rick Karsdorp/Bruno Peres (kanan), Chris Smalling (tengah), Marash Kumbulla (tengah).
Tengah: Bryan Cristante (kiri), Jordan Veretout/Amadou Diawara (tengah), Lorenzo Pellegrini (kanan), Henrikh Mkhitaryan (gelandang serang kiri), Nicolo Zaniolo (gelandang serang kanan)
Depan: Edin Dzeko/Borja Mayoral (striker)

x

Check Also

Mantan Penyerang Juventus Sebut Mourinho Adalah Pilihan Terburuk Dari Yang Terburuk

Turin – Mantan pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho secara resmi dipilih sebagai pelatih baru bagi ...