Home > Berita Liga Indonesia > Persik Kediri > Persik Kediri Dukung Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Persik Kediri Dukung Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Kediri – Persik Kediri mendukung wacana penghapusan degradasi pada penyelenggaraan kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang.

Seperti diketahui, wacana penghapusan degradasi di Liga 1 2021 muncul saat rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Senin (3/5/2021) lalu.

Menurut sejumlah anggota Exco PSSI, hal ini dibahas karena ada sejumlah klub yang mengusulkan agar Liga 1 2021 mendatang meniadakan degradasi.

Ada sejumlah alasan mengapa klub-klub tersebut meminta agar PSSI meniadakan degradasi untuk kompetisi Liga 1 2021.

Yang pertama, karena kompetisi digelar dalam masa pandemi Covid-19.

Kedua, PSSI masih menakar langkah selanjutnya apabila di sebuah klub ada yang terjangkit virus Covid-19.

Ketiga, klub merasa belum siap berjuang sepenuhnya setelah dilanda krisis finansial akibat pandemi.

Dan keempat, kompetisi Liga 1 dan 2 kemungkinan akan digelar tanpa penonton atau dalam jumlah yang sangat terbatas, sehingga klub kesulitan untuk menambah pemasukan.

Karena itulah Presiden Persik Kediri, Abdul Hakim Bafaqih, menilai bahwa kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi adalah pilihan yang tepat.

“Wacana liga tanpa degradasi merupakan momen untuk pemulihan seluruh klub Liga . . . Gabung . . . 1,” kata Abdul Hakim Bafagih.

Menurut Hakim, dengan tidak adanya degradasi sangat membantu klub untuk menata kembali kondisi finansialnya secara perlahan.

Selain itu, bisa menjadi persiapan klub-klub untuk menghadapi kompetisi musim depan dengan lebih kompetitif.

“Mereka bisa menata pelan-pelan kondisi internal klub yang diterpa pandemi sejak awal tahun lalu,” ujar Abdul Hakim Bafagih.

“Memang idealnya kompetisi di mana pun memberlakukan promosi dan degradasi. Akan tetapi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tentu akan sulit memaksakan format kompetisi normal di tengah kondisi yang belum normal,” sambungnya.

“Kami harap, federasi dan operator liga dapat mengambil keputusan bijak dengan melihat kondisi pandemi seperti sekarang,” pungkasnya.

x

Check Also

Pelatih Persik Kediri Tidak Ingin Fisik Pemain Drop Setelah Lebaran

Kediri – Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, mengingatkan kepada para pemainnya untuk memperhatikan kondisi fisiknya ...