Home > Berita Liga Spanyol > Musim Ini, Siapa Lebih Hebat Koeman Atau Zidane

Musim Ini, Siapa Lebih Hebat Koeman Atau Zidane

La Liga 2020/21 akhirnya resmi ditutup. Atletico Madrid pun tampil sebagai juara setelah berjuang melewati bulan-bulan panjang. Di saat yang sama, ada Real Madrid dan Barcelona yang harus gigit jari.

Bertahun-tahun terakhir gelar La Liga didominasi Barca dan Madrid. Karena itu, perjuangan Atletico menghentikan dominasi dua raksasa itu patut diacungi jempol.

Mengapa Atletico layak jadi juara, ada banyak alasannya. Mereka memiliki skuad paling stabil, punya ketangguhan mental untuk bangkit, dan punya pemain penting seperti Luis Suarez.

Nah selain bicara soal keberhasilan Atletico, membahas situasi Real Madrid dan Barcelona juga tidak kalah menarik. Di kursi pelatih masing-masing ada Zinedine Zidane di Madrid dan Ronald Koeman di tim Barcelona.

Menarik jika kita membandingkan kedua pelatih tersebut siapa yang paling bagus kinerjanya selama musim ini.

Menilai musim Zidane

Kelelahan adalah masalah utama yang dialami Zinedine Zidane dalam menjalani musim ini di kursi pelatih Madrid. Bahkan, kini kabarnya Zidane memikirkan opsi hengkang dari Los Blancos.

Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, Madrid menutup musim tanpa gelar. Zidane hanya bisa membawa tim mencapai semifinal Liga Champions dan runner-up La Liga.

Walaupun begitu, kegagalan meraih juara ini bukan berarti Zidane gagal total. Semifinal dan runner-up adalah torehan luar biasa mengingat betapa sulitnya situasi musim ini.

Zidane hampir tidak pernah menurunkan skuad terbaiknya karena hantaman badai cedera terus-menerus. Madrid selalu kehilangan pemain penting, entah di lini serang atau di lini belakang.

Gabung . . . class="ncont" data-page="3" data-page-is-in-viewport-trigerred="true">

Menilai musim Koeman

Untuk membahas masalah Ronald Koeman sebenarnya tidak jauh berbeda dari Zidane. Karena konflik internal klub, Koeman tidak bisa mendapatkan pemain-pemain yang dia mau dan hanya bisa mengandalkan skuad sekadarnya.

Praktis Koeman hanya punya 11-12 pemain inti, sisanya adalah pemain cadangan yang tidak bisa diandalkan. Rotasi Barca hampir selalu jadi bencana.

Di tengah keterbatasan itu, Koeman masih bisa mempersembahkan trofi Copa del Rey. Setidaknya trofi ini bisa jadi pelipur lara untuk Barca.

Sayangnya, di Liga Champions dan La Liga, torehan Barca tidak bisa dibilang memuaskan.

Siapa lebih baik?

Setelah memahami situasi dan torehan Zidane dan Koeman di atas, lalu siapa yang lebih baik di antara keduanya?

Mengingat betapa sulitnya situasi kedua tim, Zidane dan Koeman bisa dibilang berada di level yang sama untuk musim ini. Mereka gagal menjuarai La Liga, tapi tidak sepenuhnya buruk.

Selain itu, yang lebih penting adalah bicara soal masa depan keduanya. Beberapa pekan terakhir muncul kabar bahwa Zidane akan meninggalkan Madrid dan Koeman akan dilepas Barcelona.

x

Check Also

Memphis Depay Menjadi Man Of The Match Dalam Laga Barcelona vs Levante

Barcelona – Barcelona menjamu Levante di Camp Nou di pekan ke tujuh La Liga 2021/22, ...