Home > Timnas Indonesia > Muhammad Iqbal Susul Asnawi Mangkualam ke Korea

Muhammad Iqbal Susul Asnawi Mangkualam ke Korea

Jakarta – Mantan pemain Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Iqbal, dikabarkan akan segera menyusul Asnawi Mangkualam untuk berkompetisi di Korea Selatan.

Pemain berusia 20 tahun ini telah menandatangani kontrak berdurasi satu musim bersama klub K-League 3, Cheongju FC.

Kontrak tersebut didapat setelah Iqbal menjalani trial selama tiga bulan bersama klub yang dilatih oleh Seo Won Sang tersebut.

Meski telah menandatangani kontrak namun Iqbal belum bisa bergabung bersama Cheongju FC karena bursa tranfer paruh musim K-League baru akan dibuka pada Juni mendatang.

“Di Korea belum ada periode pendaftaran pemain. Jadi, saya berlatih menyesuaikan diri dan menunggu periode kedua,” jelas Muhammad Iqbal.

Nama Muhammad Iqbal baru dikenal saat era pelatih Indra Sjafri. Ketika itu, Muhammad Iqbal dipanggil Indra Sjafri untuk mempekuat Timnas U-19 Indonesia di Piala AFF 2017.

Awalnya, Indra Sjafri yang tengah mencari pemain Timnas U-19 Indonesia dengan blusukan keliling Indonesia menemukan bakat Muhammad Iqbal.

Indra Sjafri kemudian memasukkan Muhammad Iqbal ke Tiimnas U-19 Indonesia untuk Piala AFF U-19 2017 di Myanmar, bersama dengan Witan Sulaeman hingga Egy Maulana Vikri.

Dalam sepak terjangnya bersama Timnas U-19, peranan Muhammad Iqbal di lini tengah hampir tak tergantikan.

Iqbal juga ikut membawa Timnas U-19 Indonesia menang telak 9-0 atas Filipina dengan menyumbang 2 golnya.

Namun sayangnya, . . . Gabung . . . pada laga semifinal Piala AFF U-19 2017 melawan Thailand, Iqbal gagal mengeksekusi tendangan penalti sehingga Timnas Indonesia kalah dengan skor 2-3.

Setelah itu, nama Muhammad Iqbal kembali dipanggil memperkuat Timnas U-19 di Piala AFF 2018. Namun Iqbal terpaksa dicoret setelah mengalami cedera menjelang turnamen.

Setelah cedera, karier sepak bola Iqbal cenderung meredup hingga ia bergabung bersama tim Liga 2, PSMS Medan.

Namun lagi-lagi Iqbal harus menepi dari lapangan karena mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) di lutut kirinya.

Setelah sembuh, Iqbal memutuskan mencoba peruntungannya dengan bermain di luar negeri, bergabung bersama klub India, Rajasthan FC pada awal 2020.

Namun, kariernya tak berlangsung lama. Iqbal kemudian menjalani trial bersama klub Turki, Antalyaspor. Tapi sang gelandang belum beruntung.

Hingga akhirnya kini Muhammad Iqbal bergabung bersama Cheongju FC, yang berkompetisi di K-League 3, Korea Selatan.

x

Check Also

Witan Sulaeman Yakin Indonesia Bisa Kembali Menang Atas Taiwan di Leg Kedua

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi ...