Home > Timnas Indonesia > Mochamad Iriawan Heran Dengan Sikap Elkan Baggott

Mochamad Iriawan Heran Dengan Sikap Elkan Baggott

Jakarta – Bek Ipswich Town, Elkan Baggott, memutuskan untuk tidak bergabung bersama dengan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Seperti diketahui, saat ini Timnas Indonesia tengah melakukan persiapan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Nama Elkan Baggott sebelumnya masuk ke dalam daftar 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dibawa ke UEA.

Pihak Ipswich Town sebagai klub pemilik Elkan Baggott juga telah melepas sang pemain untuk bergabung bersama Timnas Indonesia di Dubai pada 31 Mei 2021.

PSSI juga telah menyiapkan tiket pesawat terbang untuk Elkan Baggott dari Inggris ke UEA.

Namun dalam perkembangannya ternyata Elkan Baggott memilih untuk tidak bergabung bersama Timnas Indonesia di UEA, dengan alasan UEA dinilainya masih zona merah pandemi Covid-19.

Selain itu, karena aturan ketat di Inggris, Elkan Baggott nantinya harus menjalani karantina terlebih dahulu selama 14 hari bila kembali ke Inggris, padahal klubnya sudah mulai melakukan persiapan untuk musim yang baru.

Penolakan bergabung yang diambil Elkan Baggott ini tentu saja membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kecewa hingga ia sampai harus menanyakan kepada Elkan Baggott apakah masih mau membela Timnas Indonesia.

Untuk itu, Mochamad Iriawan telah meminta Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, agar menanyakan langsung kepada Elkan Baggott melalui WhatsApp.

Sebagai jawabannya, Elkan Baggott menyatakan bahwa ia masih ingin membela Timnas Indonesia, namun untuk saat ini ia tidak bisa dengan alasan tidak diizinkan klub.

Mochamad Iriawan mengaku sempat mengira Elkan Baggott akan membela Timnas Thailand, karena ia lahir di Thailand meski kedua orang tuanya tidak berasal dari Thailand. Ibu Elkan Baggott . . . Gabung . . . berasal dari Indonesia, sedangkan sang ayah dari Inggris.

Elkan Baggott juga masih berpeluang untuk bergabung ke Timnas Thailand atau Timnas Inggris karena ia belum pernah membela Timnas Indonesia di pertadingan resmi. Elkan Baggott hanya pernah memperkuat Timnas U-19 Indonesia di laga uji coba.

“Itu yang saya analisa kemarin,” kata Mochamad Iriawan, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

“Ketika Elkan Baggott pindah ke Thailand, tentu saja kami tidak bisa gunakan jasanya di Timnas Indonesia,” jelasnya.

“WhatsApp Indra Sjafri masih ada dan saya nanti akan share itu,” ucap Mochamad Iriawan.

“Saya tanya, kamu masih mau bela timnas Indonesia atau tidak, dia bilang akan memilih timnas Indonesia,” tutur Mochamad Iriawan.

“Hanya mohon maaf sekarang tidak bisa datang karena alasannya tidak diizinkan klub,” sambung pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Iwan Bule juga mengaku heran dengan sikap Elkan Baggott karena dulu ia sendiri yang meminta untuk ikut bergabung bersama Timnas Indonesia.

“Dulu dia minta bermain di timnas Indonesia tapi sekarang kok susah sekali,” ucap Mochamad Iriawan.

Sementara itu, Shin Tae-yong sudah memanggil dua pemain baru ke UEA untuk menggantikan posisi Elkan Baggott. Mereka adalah bek Persebaya, Arif Satria, dan gelandang Tira Persikabo, Didik Wahyu.

x

Check Also

Timnas Indonesia Baru Bisa Gunakan Jakarta International Stadium Mulai 9 September

Jakarta – Jakarta International Stadium (JIS) akan segera dibuka secara resmi pada 9 September mendatang. ...