Home > Berita Liga Champions > Juventus Akan Dikeluarkan Dari Serie-A Jika Bertahan di ESL

Juventus Akan Dikeluarkan Dari Serie-A Jika Bertahan di ESL

Juventus merupakan salah satu dari tiga klub yang masih mempertahankan komitmen terhadap rencana Liga Super Eropa.

Ada kemungkinan Juventus dilarang berkompetisi di Serie A Italia musim mendatang kalau mempertahankan sikap menolak mundur dari rencana Liga Super Eropa (ESL).

Sementara itu sembilan dari 12 klub “pendiri” telah membatalkan keikutsertaan dari kompetisi kontroversial tersebut, Juventus dengan duo raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid masih bertahan dengan komitmen awal mereka.

Big six Liga Primer Inggris, AC Milan, Inter Milan, dan Atletico Madrid telah setuju berintegrasi kembali dengan UEFA dan berjanji tak akan mengikuti kompetisi di luar naungan badan tertinggi sepakbola Eropa itu, tapi mereka tetap diwajibkan membayar denda kolektif sebesar €15 juta setelah bikin ulah dengan kehebohan yang ditimbulkan menyusul pengumuman ESL.

Juventus, Madrid, dan Barcelona tidak hanya menolak untuk mundur, malah kebalikannya ketiga klub itu jusru merilis pernyataan bersama untuk mengecam “ancaman” dari FIFA dan UEFA terhadap klub-klub yang terlibat Liga Super.

Kalau Bianconeri masih juga ngotot dengan proposal terkait liga tandingan ini, Gabriele Gravina selaku presiden federasi sepakbola Italia (FIGC) menegaskan mau tidak mau pihaknya harus mengeluarkan Juve dari Serie A 2021/22.

“Peraturannya jelas. Jika Juventus masih menjadi bagian Liga Super saat memasuki musim depan, mereka tidak boleh berpartisipasi di Serie A,” kata Gravina kepada Radio Kiss Kiss.

“Saya . . . Gabung . . . menyayangkan ini untuk fans, tetapi peraturan adalah peraturan dan itu berlaku untuk semua orang. Saya harap perselisihan ini segera berakhir.”

“Kita semua letih dengan pertikaian antara UEFA dan ketiga klub ini [Juventus, Barcelona, Madrid]. Saya harap bisa memediasi antara Juventus dan UEFA,” imbuhnya kepada Radio Anch’io Sport.

“Ini tidak baik untuk sepakbola internasional, sepakbola Italia, maupun Juventus. Kami sudah mengatakan bahwa asosiasi sepakbola menghormati peraturan yang ada.”

“Peraturan ini menegaskan pelarangan partisipasi dalam kompetisi kami kalau prinsip-prinsip yang telah ditetapkan federasi dan UEFA tidak diterima.”

Juventus musim ini harus rela melihat dominasi mereka di Serie A dalam sembilan tahun ke belakang berakhir di kaki rival abadi, Inter Milan.

Malah kuad Andrea Pirlo sekarang ini terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan. Kekalahan 3-0 dari AC Milan di kandang sendiri akhir pekan kemarin melempar Si Nyonya Tua dari empat besar klasemen dengan hanya tiga pekan tersisa musim ini.

x

Check Also

Messi

PSG Gagal Menang Meski Diperkuat Messi 90 Menit

Madrid – Lionel Messi untuk kali pertama tampil penuh bersama Paris Saint-Germain. Namun, sang megabintang ...