Home > Berita Liga Spanyol > Fans Lebih Senang Xavi Latih Barcelona, Raul Latih Real Madrid

Fans Lebih Senang Xavi Latih Barcelona, Raul Latih Real Madrid

Di Spanyol dalam sepekan terakhir telah muncul gejolak ditubuh klub Real Madrid dan Barcelona. Dua klub top ini dikabarkan akan mengakhiri siklus lama dan memulai siklus baru, artinya bakal ada perombakan besar.

Zinedine Zidane telah digosipkan akan mundur dari kursi pelatih Madrid. Kinerja Zidane cukup baik, dia juga masih disukai para pemain, tapi kabarnya Zidane sendiri sudah merasa kelelahan.

Hal yang sama terjadi di Barcelona. Ronald Koeman sudah bekerja keras, tapi kabarnya Joan Laporta ingin merekrut pelatih baru.

Ada dua nama legenda yang sama-sama dihubungkan dengan kedua klub top ini. Raul Gonzalez ke Real Madrid dan Xavi ke Barcelona.

Jika Zidane dan Koeman jadi pergi, apakah Raul dan Xavi merupakan jadi pilihan tepat?

The Next Guardiola

Menurut Marca, timbul alasan kuat mengapa Xavi dikaitkan dengan Barcelona dan Raul dengan Madrid. Untuk Barca, mereka menginginkan the next Guardiola.

Xavi adalah mantan pemain, legendaris, dan penuh pengalaman. Dengan merekrut mantan pemain, Barca berharap bisa mengulangi kesuksesan bersama Guardiola beberapa tahun lalu.

Kasus Raul pun tidak jauh berbeda, legenda yang pulang ke klub sebagai pelatih. Sebenarnya skenario ini sudah dijalankan oleh banyak klub top seperti MU, Arsenal, dan Chelsea.

Faktor lain, gaji Xavi dan Raul tidak akan terlalu besar, ini penting bagi klub di tengah kesulitan finansial.

Pengalaman pemimpin

Raul dan Xavi . . . Gabung . . . bukan sekadar mantan pemain Spanyol, mereka adalah yang terbaik, pernah menjadi kapten.

Raul tahu betul bagaimana cara kerja ruang ganti Madrid. Dia pernah merasakan ruang ganti penuh bintang dan bagaimana cara menyatukannya.

Xavi pun demikian. Selama bertahun-tahun dia jadi pemimpin di puncak keemasan Barca. Xavi adalah nyawa permainan Barca, dia paham betul identitas klub.

Mereka berdua adalah pelatih yang paham betul permainan dan identitas kedua klub.

Era Baru

Skuad Real Madrid hebat, tapi sudah uzur. Zidane terus-teruskan memainkan nama-nama lama yang sama seperti beberapa tahun lalu.

Barcelona bahkan lebih parah. Klub sudah menyadari kebutuhan akan penyegaran skuad, tapi belanja pemain beberapa tahun terakhir sangat buruk dan mengecewakan.

Karena itu, cara terbaik memulai era baru adalah dengan menunjuk pelatih baru untuk jangka panjang. Raul dan Xavi bakal jadi pilihan sempurna untuk itu.

Di Barca, Xavi harus mencari solusi soal masa depan Messi. Di Madrid, Raul harus mencari cara memaksimalkan potensi Eden Hazard.

x

Check Also

Karim Benzema Tetap Percaya El Clasico Masih Yang Terbaik Meski Minim Pemain Bintang

Madrid – Pada saat ini El Clasico sudah tidak lagi bertabur bintang seperti era sebelumnya.Namun ...