Home > Berita Euro > Euro 2020: Tak Ada Takutnya, Dean Henderson Wajib Jadi Kiper No.1 Inggris

Euro 2020: Tak Ada Takutnya, Dean Henderson Wajib Jadi Kiper No.1 Inggris

Dean Henderson, sang kiper Manchester United, dinilai bukan hanya sekedar pantas masuk skuad timnas Inggris untuk Euro 2020, tapi dia juga wajib dipilih menjadi kiper nomor satu di tim.

Timnas Inggrismemperoleh tempat mereka di Euro 2020 setelah meraih tujuh kemenangan dari delapan pertandingan di kualifikasi grup A.

Timnas Inggris yang sukses melaju ke Euro 2020 diwarnai dengan 37 gol yang mereka cetak dalam laga kualifikasi.

Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, kini fokus pada urusan mengidentifikasi skuad terakhirnya untuk turnamen yang akan dimulai pada Juni 2021 itu.

Southgate akan memilih 26 pemain untuk membentuk skuadnya di Euro 2020 dan mengumumkannya pada Selasa (25/5/2021) setelah Liga Inggris musim ini berakhir.

Baca Juga : Euro 2020: Phil Foden Akan Dibantu Guardiola Tembus Timnas Inggris

Nama Dean Henderson, kiper Manchester United, dinilai pantas menjadi pemain yang dipilih Southgate untuk masuk skuad timnas Inggris di Euro 2020. Tak hanya itu, Henderson juga wajib dijadikan kiper nomor satu. Klaim tersebut disampaikan oleh mantan kiper timnas Inggris, David James.

James, mantan kiper timnas Inggris yang bermain 53 kali antara 1997 dan 2010 untuk timnas Inggris, yakin Southgate menghadapi keputusan sulit mengenai siapa yang akan menjadi kiper nomor satu.

Terlebih, penjaga gawang Everton, Jordan Pickford, kerap jadi pilihan utama setelah serangkaian penampilan mengesankan di Piala Dunia 2018.

Pickford sebelumnya menjadi kiper reguler Southgate, sementara Nick Pope dari Burnley menjadi starter di ketiga laga kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret.

Namun, James mengatakan bahwa kini giliran Henderson yang dinobatkan sebagai penjaga gawang nomor satu karena penampilannya yang tak mengenal takut.

“Mengenai siapa yang mendapat posisi nomor satu, itu menarik karena Henderson telah datang di Manchester United dan . . . Gabung . . . sekarang semua yang dia lakukan telah diawasi,” kata James, dikutip dari Football 365.

“Tapi menurut saya, jika dia bisa menjadi nomor satu Manchester United maka tidak ada alasan mengapa dia tidak bisa menjadi nomor satu di timnas Inggris.”

“Begitulah cara dia menangani dirinya sendiri. Saya akan mengatakan ‘tak kenal takut’ adalah kata terbaik untuknya.”

“Jika ada kesalahan penilaian atau kesalahan yang dia lakukan, dia akan terus melakukan apa yang dia tahu bisa dia lakukan setelah itu dan tidak takut akan hal tersebut.”

“Gareth harus menyelesaikan ini. Saya pernah berada dalam situasi itu sebagai pemain timnas Inggris, sebagai nomor satu atau bersaing untuk itu, dan ada banyak hal berbeda yang perlu dipertimbangkan.”

“Ini tidak hanya soal melakukan penyelamatan bagus melawan satu tim atau membiarkan terjadinya gol untuk tim lawan.”

“Gareth akan dapat menilai hubungan Henderson dengan para pemain lainnya, bagaimana dia berlatih, bagaimana mentalitasnya,” ujar pria yang pernah memperkuat Liverpool ini menambahkan.

Henderson sendiri akan menyelesaikan musim pertamanya sebagai starter reguler untuk Manchester United setelah menghabiskan dua musim sebelumnya dengan status pinjaman di Sheffield United.

Menurut statistik Transfermarkt, Henderson tampil dalam 25 pertandingan Manchester United di semua kompetisi musim ini dan menorehkan 13 cleansheet.

Kiper berusia 24 tahun ini perlahan tapi pasti mampu membuktikan bahwa dirinya layak menjadi kiper utama Manchester United menggantikan David de Gea.

x

Check Also

Terkuak Team Talk Roberto Mancini Yang Menjadikan Italia Juara Euro 2020

Beredar video talk team yang dilakukan Roberto Mancini jelang pertandingan final Euro 2020. Mancini tidak ...