Home > Berita Euro > Euro 2020 Grup A: Hanya Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Yang Mampu Sakiti Italia

Euro 2020 Grup A: Hanya Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Yang Mampu Sakiti Italia

Ajang sepak bola empat tahunan antarnegara Eropa, EURO, akan segera dimulai bulan depan. Sesuai dengan jadwal yang ada, EURO 2020 akan dimulai pada 11 Juni 2021 dan dibuka di Stadion Olimpico, Roma, Italia.

Timnas Italia, yang menjadi tuan rumah, akan bergabung ke dalam Grup A bersama dengan timnas Turki, timnas Swiss, dan timnas Wales. Italia akan melawan Turki dalam laga pembuka pada Jumat (11/6/2021) waktu setempat atau Kamis pukul 02.00 WIB di Stadion Olimpico, Roma.

Dilansir dari laman resmi UEFA, Italia jauh lebih superior dibandingkan Turki jika dilihat dari head-to-head. Dari tiga pertemuan, Italia mampu memenangi seluruh laga dan mencetak sembilan gol ke gawang Turki.

Sementara itu, Turki hanya mampu mencetak satu gol ke gawang Italia dalam tiga pertemuan itu. Usai melawan Turki, Italia akan kembali menghadapi timnas Swiss. Lagi-lagi, dari head-to-head yang ada, Italia jauh lebih unggul atas Swiss dengan catatan 3 kali menang dan 3 imbang.

Dalam pertemuan terakhir, Swiss mampu menahan imbang Italia ketika melakoni laga persahabatan di Jenewa pada 5 Juni 2010. Saat itu, Swiss mampu menahan Italia dengan skor sama kuat 1-1 lewat gol tunggal Goekhan Inler pada menit ke-10.

Namun, empat menit berselang, Fabio Quagliarella, yang saat itu menjadi penyerang utama Italia, mampu menyamakan kedudukan. Pertemuan tersebut juga sekaligus menjadi pertemuan terakhir kedua negara, baik di ajang resmi maupun persahabatan.

Baca Juga : Euro 2020 Grup A: Timnas Wales Tidak Akan Didampingi Pelatih

Dari tiga lawan Italia di Grup A, Wales menjadi satu-satunya yang mampu membuat Gli Azzurri terluka.

Italia tercatat pernah bertemu sebanyak empat kali dengan Wales, baik dalam pertandingan resmi maupun persahabatan. Dari keempat pertemuan itu, Italia pernah sekali kalah dalam sebuah laga persahabatan melawan Wales pada 4 Juni . . . Gabung . . . 1988.

Timnas Italia hanya bisa dilukai oleh pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool yang ada di Grup A EURO 2020. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool, Ian Rush, yang mampu memberi luka dan menjebol gawang Italia saat itu.

Rush merupakan pemain dengan catatan gol terbanyak sepanjang masa di Liverpool dengan total 336 gol dari 648 laga di berbagai ajang. Italia perlu berhati-hati dengan Turki, Wales, dan Swiss. Pasalnya, ketiga negara itu saat ini memiliki pemain-pemain yang tengah naik daun.

Di Turki, ada Hakan Calhanoglu yang bermain untuk AC Milan dan trio Lille, yakni Zeki Celik, Yusuf Yazici, dan Burak Yilmaz, yang baru saja berhasil menjuarai Liga Prancis.

Sementara itu, Swiss memiliki Yann Sommer, Nico Elvedi, Denis Zakaria, Xherdan Shaqiri, dan Breel Embolo. Wales pun tak kalah sangar dengan keberadaan Gareth Bale, Ben Davies, Joe Rodon, dan Tyler Roberts.

Lantas, apakah Italia mampu melewati hadangan Turki, Wales, dan Swiss di Grup A EURO 2020 kali ini?

Berikut jadwal Grup A EURO 2020 yang dikutip dari laman resmi UEFA:

Pertandingan 1

  • 12 Juni 2021 pukul 02.00 WIB: Turki vs Italia
  • 12 Juni 2021 pukul 20.00 WIB: Wales vs Swiss

Pertandingan 2

  • 16 Juni 2021 pukul 23.00 WIB: Turki vs Wales
  • 17 Juni 2021 pukul 02.00 WIB: Italia vs Swiss

Pertandingan 3

  • 20 Juni 2021 pukul 23.00 WIB: Italia vs Wales
  • 20 Juni 2021 pukul 23.00 WIB: Swiss vs Turki
x

Check Also

Chiellini

Apa Benar Buyako Saka Dikutuk Chiellini Sehingga Gagal Pinalti

Giorgio Chiellini, Kapten Italia, bisa jadi ikut berperan dalam kegagalan bintang muda Inggris, Bukayo Saka ...