Home > Berita Liga Eropa > Ditahan Imbang 0-0, Arsenal Gagal Ciptakan All England Final

Ditahan Imbang 0-0, Arsenal Gagal Ciptakan All England Final

Dalam partai leg kedua semifinal Liga Europa 2020/21, skuad Arsenal hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan Villarreal  pada pertandingan yang digelar di Emirates Stadium, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB.

Hasil ini akhirnya membuat Arsenal gagal melaju ke final. The Gunners kalah dengan skor agregat 1-2. Villarreal sendiri akan berhadapan dengan Manchester United di partai puncak Liga Europa 2020/21.

Baca Juga : AS Roma vs MU 3-2, Walau Kalah MU Tetap Ke Final Liga Eropa

Babak Pertama

Pada menit ke-26 Arsenal mendapatkan peluang emas. Bola kiriman dari sepak pojok gagal disapu bersih oleh pemain Villarreal, bola akhirnya jatuh ke kaki Pierre-Emerick Aubameyang. Tanpa basa-basi, ia melepas sepakan keras yang hanya membuat bola membentur tiang gawang.

Klub dengan julukan the Gunners itu kembali nyaris mencetak gol di menit ke-39. Lagi-lagi, Aubameyang menjadi aktornya. Ia melepaskan tembakan melengkung setelah menerima bola dari Emile Smith Rowe. Namun Geronimo Rulli mampu menghentikan bola sebelum melewati garis gawang.

Arsenal tetap tak mampu mencetak gol meski sudah melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang Villarreal. Pada akhirnya, the Gunners harus menerima fakta bahwa babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

Babak Kedua

Arsenal mengambil inisiatif untuk kembali membombardir pertahanan Villarreal pada babak kedua. Bahkan, di menit ke-47, peluang emas tercipta dari tembakan melengkung Nicolas Pepe. Namun, bidikan Pepe melebar di sisi gawang Villarreal.

Perlawanan Arsenal sebenarnya bisa berakhir jika saja Villarreal mampu memanfaatkan peluang emas di menit ke-53. Gerard Moreno melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti the Gunners, namun sayang bola bisa dihentikan oleh Bernd Leno.

Memasuki menit ke-60, kendali permainan beralih ke tim tamu. Walaupun demikian, pertahanan yang cukup disiplin nan rapi dari Arsenal membuat Villarreal tak mampu membuat peluang yang berbahaya.

Arsenal mulai menemukan bentuk permainannya di menit ke-70. Tendangan bebas yang dilepaskan Bukayo Saka mengarah tepat ke kepala Rob Holding. Sayangnya, sundulannya masih melambung tinggi di atas gawang lawan.

Arsenal kembali menciptakan beberapa peluang emas di sisa menit babak kedua. Salah satunya sundulan Aubameyang yang membentur tiang gawang. Namun, kedudukan 0-0 tidak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Man of the Match

Walaupun hasil imbang, namun permainan Arsenal tetap pantas diberikan apresiasi tinggi. Terutama di sektor pertahanan yang tampil disiplin dan tidak mudah kecolongan saat Villarreal melancarkan serangan balik.

Pertahanan yang kokoh dari Arsenal tidak bisa lepas dari bek berusia 27 tahun, Pablo Mari. Ia tampil disiplin sehingga performanya layak diganjar titah man of the match dari Whoscored dengan rating 8.0.

Mari benar-benar tampil impresif dan menguasai udara. Selama 90 menit berada di lapangan, pria berkebangsaan Spanyol tersebut memenangkan sembilan kali duel di udara. Tujuh di antaranya dilakukan di area pertahanan Arsenal, sementara sisanya di wilayah lawan.

Performa Mari semakin gemilang dengan catatan tiga tackling sukses dari tiga percobaan, tiga sapuan dan dua kali intersep. Ia juga telaten dalam mengirimkan umpan dan menyelesaikan 70 dari 76 operan yang dilakukan.

 

Berikut mari kita saksikan cuplikan laga ini selengkapnya:

Susunan Pemain

Arsenal:

Bernd Leno; Kieran Tierney (Willian 80′), Rob Holding, Pablo Mari, Granit Xhaka; Hector Bellerin (Eddie Nketiah 90′), Emile Smith Rowe, Thomas Partey, Bukayo Saka; Nicolas Pepe, Martin Odegaard (Gabriel Martinelli 66′), Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette 80′).

Villarreal:

Geronimo Rulli; Mario Gaspar, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonso Pedraza (Alberto Moreno 90′); Daniel Parejo, Francis Coquelin, Manu Trigueros; Gerard Moreno, Samuel Chukwueze (Yeremi Pino 30′ (Moi Gomez 90′)), Paco Alcacer (Carlos Bacca 72′).

x

Check Also

Nasib MU Akan Berubah Setelah Dapatkan Trophi Liga Eropa

Ole Gunnar Solskjaer, sang manajer Manchester United, kembali menegaskan bahwa timnya akan memberikan segalanya untuk ...