Home > Timnas Indonesia > Ada Tiga Kelemahan Timnas Indonesia Pada Laga Kontra Afghanistan

Ada Tiga Kelemahan Timnas Indonesia Pada Laga Kontra Afghanistan

Jakarta – Timnas Indonesia kalah tipis dengan skor 2-3 dari Timnas Afghanistan pada laga uji coba yang digelar di Iranian Club Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (25/5/2021) malam waktu setempat.

Tim asuhan Shin Tae-yong sempat tertinggal tiga gol lebih dahulu dari Afghanistan, yakni di menit ke-6, ke-43, dan ke-49.

Setelah Shin Tae-yong melakukan enam pergantian pemain sekaligus di babak kedua, permainan Timnas Indonesia mulai berkembang sehingga mampu memperkecil kedudukan lewat dua gol yang tercipta.

Egy Maulana Vikri yang menggantikan posisi Braif Fatari, berhasil mencetak gol pertama bagi Timnas Indonesia di menit ke-64 setelah memanfaatkan umpan silang dari Adam Alis.

Lima menit kemudian, giliran Adam Alis yang menjebol gawang gawang Afghanistan setelah mendapat umpan tendangan bebas dari Egy Maulana Vikri.

Kekalahan ini tentu saja akan menjadi bahan evaluasi bagi skuad Timnas Indonesia sebelum berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di awal Juni mendatang.

Setidaknya ada tiga kelemahan Timnas Indonesia yang jelas terlihat pada laga kontra Timnas Aghanistan ini.

Yang pertama, Timnas Indonesia membiarkan gawangnya kebobolan terlalu cepat di menit-menit awal.

Seperti . . . Gabung . . . diketahui, di dalam pertandingan sepak bola biasanya menit-menit krusial terjadi di 10 menit awal dan 10 menit menjelang laga berakhir.

Shin Tae-yong harus segera membenahi barisan pertahanan Timnas Indonesia dalam hal ini.

Kelemahan yang kedua, barisan penyerang Timnas Indonesia banyak gagal memanfaatkan peluang yang ada.

Di sini, kerjasama dan ketenangan pemain mengambil peranan penting.

Sedangkan yang ketiga, skuad Timnas Indonesia terlambat panas pada laga kali ini.

Hal tersebut kemungkinan terjadi karena belum terbangunnya chemistry antar pemain yang baru dibentuk pada awal Mei ini saat pemusatan latihan (TC) yang digelar di Jakarta.

Laga ini juga menjadi debut pelatih Shin Tae-yong yang banyak memanggil pemain baru dengan mengolaborasikan pemain muda dan senior.

x

Check Also

Alasan Shin Tae-yong Balik ke Korea Selatan Ternyata Bukan Karena Kesehatan

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan kembali ke Korea Selatan untuk beberapa waktu ...