Home > Timnas Indonesia > 5 Pemain Timnas Yang Melakukan Tindakan Indisipliner

5 Pemain Timnas Yang Melakukan Tindakan Indisipliner

Mochamad Yudha Febrian, Mantan pemain Timnas Indonesia U-19, membuat geger masyarakat Indonesia. Pemain berusia 19 tahun itu diduga melakukan tindakan pelecehan terhadap seorang wanita.

Terungkapnya kejadian ini setelah seorang wanita yang memiliki akun @senandikha11 menceritakan perlakuan Mochamad Yudha Febrian. Menurutnya, Yudha Febrian melakukan tindakan pelecehan karena memaksa untuk menciumnya.

Belakangan kasus tersebut berakhir damai, setelah Yudha Febrian mengungkapkan permintaan maaf melalui video yang diunggah di akun Twitter @senandikha11. Yudha Febrian mengaku khilaf akan perbuatannya tersebut.

“Saya atas nama Yudha meminta maaf sebesar-besarnya atas kekhilafan saya terhadap Senandikha. (Karena ini) Masih suasana lebaran, mohon maaf lahir dan batin,” kata Yudha.

Yang buat miris, tindakan indisipliner bukan kali pertama dilakukan Yudha Febrian. Eks penggawa Barito Putera itu pernah dicoret dari Timnas Indonesia U-19 karena ketahuan keluar malam hingga pergi ke klab bersama Serdy Ephi Fano untuk dugem selagi mengikuti pemusatan latihan.

Kasus indisipliner yang dilakukan Yudha Febrian sebenarnya sudah tak asing di sepak bola Indonesia. Hal semacam itu pernah dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia terdahulu.

Lantas, siapa saja pemain berlabel Timnas Indonesia yang pernah melakukan tindakan indisipliner? Berikut ini beberapa pemain yang pernah mengalami hal serupa mulai dari keluar malam hingga mengonsumsi minuman keras.

1. Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani sempat menjadi harapan di Timnas Indonesia. Hal itu karena Oktovianus Maniani tampil mengesankan di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010.

Namun, pada 2013 Oktovianus Maniani harus menerima kenyataan dicoret dari Timnas Indonesia asuhan Luis Manuel Blanco. Ketika itu, pemain asal Papua tersebut mangkir dari latihan Timnas Merah Putih.

Sejak saat itu, karier Oktovianus Maniani menurun dan tidak pernah lagi membela Timnas Indonesia. Oktovianus Maniani masih aktif bermain dan saat ini mencoba peruntungan di klub Liga 2, Persiba Balikpapan.

2. Titus Bonai

Titus Bonai memiliki catatan panjang perihal . . . Gabung . . . tindakan indisipliner di Timnas Indonesia. Kejadian itu berlangsung pada Maret 2011 ketika Titus Bonai kabur dari pemusatan latihan untuk Pra Olimpiade 2012.

Pelatih Alfred Riedl mencoret Titus Bonai karena tidak tahan dengan prilakunya. Titus Bonai diketahui kerap keluar hotel tanpa izin dan mabuk-mabukan.

Adapun kasus kedua terjadi menjelang Piala AFF 2012. Titus Bonai gagal memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Vietnam karena lupa membawa paspor.

3. Zaenal Arif

Zaenal Arif pernah melakukan tindakan indisipliner pada 2007. Zaenal Arif dicoret dari skuad Timnas Indonesia sehari jelang pertandingan terakhir penyisihan Grup D Piala AFC 2007 melawan Korea Selatan.

Pencoretan itu dilakukan pelatih Ivan Kolev karena Zaenal Arif kedapatan keluyuran ke diskotik. Ketika itu, Zaenal Arif sempat berkilah tak berkunjung ke diskotik melainkan pulang mengunjungi orang tuanya di Tangerang.

Akibatnya, Zaenal Arif mendapatkan sanksi skorsing dari PSSI selama enam bulan plus denda Rp50 juta. Namun, sang pemain akhirnya bebas dari sanksi setelah mengakui perbuatannya dan berjanji tak mengulanginya.

4. Diego Michiels

Diego Michiels punya catatan panjang mengenai tindakan indisipliner. Bahkan, Diego Michiels juga tercatat beberapa kali berususan dengan Kepolisian.

Diego Michiels pernah kabur dari pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 2012. Tak diketahui alasan Diego Michiels yang memilih meninggalkan pemusatan latihan.

Diego Michiels juga kembali berulah karena melanggar jam malam yang ditetapkan oleh pelatih Nilmaizar. Ketika itu, Diego Michiels harus membayar sejumlah uang denda yang sudah ditetapkan.

Hal inilah yang diyakini menjadi alasan menurunkan karier Diego Michiels di Timnas Indonesia. Sampai saat ini, Diego Michiels belum lagi memperkuat Timnas Merah Putih.

x

Check Also

Alasan Shin Tae-yong Balik ke Korea Selatan Ternyata Bukan Karena Kesehatan

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan kembali ke Korea Selatan untuk beberapa waktu ...