Home > Berita Liga Indonesia > Persipura Jayapura > Umbar Kartu, Jacksen Tiago Puji Ketegasan Wasit di Piala Menpora

Umbar Kartu, Jacksen Tiago Puji Ketegasan Wasit di Piala Menpora

Jayapura – Meski Persipura Jayapura tidak ikut ambil bagian pada turnamen Piala Menpora 2021 namun sang pelatih, Jacksen F Tiago ternyata selalu mengikuti perkembangan turnamen pramusim tersebut.

Di saat sejumlah pihak mengeluhkan keputusan wasit Piala Menpora yang gemar mengumbar kartu, Jacksen Tiago justru berpandangan sebaliknya.

Pada laga perempat final yang mempertemukan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya misalnya, wasit mengeluakan satu kartu merah bagi masing-masing tim.

Menurut Jacksen, wasit di Indonesia sudah berkembang lebih baik dengan berani mengeluarkan sanksi tegas bagi pelanggaran pemain.

“Saya punya pendapat berbeda tentang wasit di Piala Menpora. Perkembangan wasit sangat luar biasa baik dan sangat berkembang pesat,” kata Jacksen dalam konferensi pers virtual pada Kamis (15/4/2021).

“Saya melihat wasit sudah berani mengeluarkan kartu yang banyak. Kalau dulu, mereka bisa menunggu 1-3 pelanggaran dulu baru bisa memberikan kartu,” lanjut Jacksen.

“Mungkin teman-teman di Indonesia belum terbiasa dengan ketegasan wasit. Saya melihat mereka sangat luar biasa. Saya juga melihat mereka memakai alat komunikasi. Mungkin itu akan membantu dalam aspek momen-momen kritis,” ujarnya.

“Misalnya situasi Wander Luiz dan Satria Tama ketika Persib melawan Persebaya. Saya tidak tahu alat komunikasi itu untuk apa. Namun, bisa saja hal itu membuat polemik bisa . . . Gabung . . . cepat habis sehingga tidak ada ruang berdebat dengan wasit,” jelas Jakcsen Tiago.

Jacksen Tiago juga mengungkapkan bahwa ia pernah berdiskusi dengan pengurus lama PSSI terkait ketegasan wasit di lapangan saat laga El Clasico Barcelona kontra Real Madrid, yang selalu diwarnai dengan hujan kartu.

“Saya dulu pernah berbicara dengan pengurus PSSI. Dalam sebuah pertandingan derbi, Barcelona melawan Real Madrid misalnya. Ada 7-8 kartu kuning dan 2-3 kartu merah,” tutur Jacksen Tiago.

“Sedangkan di Indonesia, partai derbi kadang tidak ada kartu kuning dan merah. Kita tahu, bagaimana perbandingan kerasnya sepak bola di Indonesia dengan Spanyol,” lanjut Jacksen.

“Sehingga menurut saya, kinerja wasit di Piala Menpora sudah luar biasa. Saya pribadi memberikan apresiasi tinggi kepada mereka karena saya melihat ketegasan luar biasa dengan keluarnya banyak kartu,” tambahnya.

x

Check Also

Resmi Dilepas Persipura, Boaz Solossa Sampaikan Salam Perpisahan

Jayapura – Manajemen Persipura resmi melepas pemain senior mereka, Boaz Solossa, karena kasus tindakan indisipliner ...