Home > Berita Liga Indonesia > Persib Bandung > Supardi Nasir Nilai Jadi Pelatih Tidak Mudah

Supardi Nasir Nilai Jadi Pelatih Tidak Mudah

Jakarta – Bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, telah menyelesaikan kursus kepelatihan berlisensi B PSSI atau setara B AFC di Padang, pada beberapa pekan lalu.

Karena mengikuti kursus ini Supardi Nasir tidak bisa memperkuat Persib Bandung di babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 lalu.

Bek berusia 38 tahun ini baru bermain saat Persib berhadapan dengan Persebaya Surabaya di babak perempat final yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021).

Pada laga yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Persib tersebut, Supardi masuk di babak kedua menggantikan Henhen Herdian.

Setelah mengikuti kursus kepelatihan, Supardi Nasir menilai banyak pelajaran penting yang didapat. Salah satunya kini ia mengerti bahwa untuk menjadi pelatih itu ternyata tidak mudah.

Menurut Supardi Nasir, banyak yang harus dipersiapkan oleh pelatih untuk membawa sebuah tim bisa tampil maksimal pada sebuah pertandingan. Diantaranya, mempersiapkan program latihan dan strategi yang tepat bagi timnya.

“Pelajaran paling penting buat saya, jadi pelatih itu tidak mudah, tidak semudah . . . Gabung . . . yang orang-orang katakan dan bayangkan jadi pelatih itu saya pikir tugas yang berat,” kata Supardi Nasir.

Meski telah mengikuti kursus kepelatihan, namun Supardi mengaku masih ingin menjadi pemain sepak bola selama ia masih mampu.

“Saya pikir gak ada pengaruh, kalau kursus itu sebenarnya kita belajar bagaimana menjadi seorang pelatih bukan pemain, dan saya masih mau bermain,” ungkapnya.

Sementara itu, Persib Bandung saat ini tengah difokuskan pada persiapan tim menjelang laga melawan PSS Sleman di babak semifinal leg pertama, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021) malam pukul 20.30 WIB.

x

Check Also

Robert Alberts Kagum Dengan Kelebihan Tim Bali United

Bandung – Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, kagum dengan skuad Bali United yang memiliki kedalaman ...