Home > Berita Liga Indonesia > Singkirkan PS Sleman, Persib Tantang Persija Di Final Piala Menpora 2021

Singkirkan PS Sleman, Persib Tantang Persija Di Final Piala Menpora 2021

Akhirnya Persib Bandung memantapkan langkahnya menuju final Piala Menpora 2021 setelah sukses menyingkirkan PS Sleman dengan agregat skor 3-2. Itu setelah pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, Persib dan PS Sleman hanya bermain imbang 1-1 di Stadion Manahan, kota Solo, Senin (19/4/2021).

PS Sleman unggul lebih dulu walau bermain dengan 10 pemain, menciptakan gol melalui sepakan keras Saddam Emiruddin Gaffar pada menit ke-72. Namun gol balasan bisa diciptakan Persib melalui sundulan Ezra Walian pada menit ke-83 dengan memanfaatkan umpan dari Ardi Idrus.

Pangeran Biru, julukan Persib, akan menantang Persija Jakarta pada partai final Piala Menpora 2021 yang telah lebih dulu lolos. Pertandingan akan digelar dalam dua leg. Pertama, akan dilangsungkan pada Kamis, (22/4/2021). Sementara leg kedua final Piala Menpora 2021 akan digelar tiga hari berselang, yakni Minggu (25/4/2021).

Babak Pertama

Persib yang hanya membutuhkan hasil imbang pada pertandinga keduanya melawan PSS tetap tampil menyerang. Terbukti, laga baru berumur tiga menit, Persib sudah mengancam melalui Frets Butuan.  Namun sepakannnya masih melambung di atas gawang.

Satu menit berselang, giliran Ezra yang mengancam lini pertahanan PSS, yang kali ini sepakannya masih melebar tipis di kanan gawang. Elang Jawa, julukan PSS, yang membutuhkan dua gol untuk bisa tampil di partai final, juga sesekali mengancam pertahanan lawan.

Tapi, barisan pertahanan Persib masih solid dan sulit ditembus. Laga pun berjalan sengit, hingga ada lima kartu kuning dari wasit Darma Santoso Gulo saat duel baru 25 menit. PSS memiliki peluang pada menit ke-27 lewat tembakan Irfan Jaya, namun sepakannya masih belum tepat sasaran, mengarah ke samping gawang yang dijaga I Made Wirawan.

Pada menit ke-37, Persib kehilangan gelandang andalan mereka, Dedi Kusnandar yang mengalami masalah di bagian kepalanya sehingga harus ditandu keluar. Peran Dedi Kusnandar digantikan oleh gelandang asal Afghanistan, Farshad Noor.

Pada menit ke-43 Wander Luiz menciptakan peluang melalui sepakan bebas, namun masih bisa ditepis oleh kiper PSS, Ega Rizky. Namun tak lama berselang, sang penjaga gawang harus ditarik keluar karena mengalami masalah pada bagian paha, tepatnya pada menit ke-48. Miswar Saputra yang masuk sebagai pengganti langsung unjuk gigi melakukan penyelamatan gemilang sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak Kedua

Sejak awal pertandingan babak kedua, Elang Jawa langsung mengambil inisiatif serangan. Alhasil Irfan Jaya mendapatkan peluang, meski masih bisa digagalkan I Made Wirawan. Sang winger juga kembali mengancam gawang Persib pada menit ke-49. . . . Gabung . . . Kini melalui sepakan bebas terukur, tapi kiper lawan juga tak kalah tangguh mengawal gawangnya.

Menit ke-58, Frets Butuan menciptakan peluang emas dengan melakukan tembakan dari dalam kotak penalti, namun bisa digagalkan Miswar Saputra. PSS mendapatkan kerugian pada menit ke-64 sebab Fabiano Beltrame dikartu merah wasit setelah melakukan tekel keras kepada Wander Luiz yang berbuah kartu kuning kedua.

Sekali lagi, penampilan luar biasa ditunjukkan Miswar Saputra. Sebab ia berhasil menggagalkan sepakan keras dari Frets Butuan pada menit ke-70. Kejutan diciptakan PSS, sebab berhasil mengubah kedudukan dengan mencetak gol melalui sepakan voli keras Saddam Gaffar pada menit ke-72.

Selebrasi penyerang PS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar seusai mencetak gol ke gawang Persib Bandung pada pertandingan semifinal leg pertama Piala Menpora 2021, 16 April 2021. Keunggulan 1-0 Elang Jaya yang sekaligus mengubah agregat menjadi imbang 2-2 pun melecut Persib yang punya modal kemenangan 2-1 di laga leg pertama.

Ezra Walian kemudian sukses menciptakan gol balasan pada menit ke-83 melalui sundulan kepala, memaksimalkan umpan matang Ardi Idrus. PSS pun terlecut, yang langsung menggempur pertahanan Pangeran Biru meski tampil hanya dengan 10 pemain.

Irfan Jaya dan kawan-kawan bertubi-tubi mengancam pertahanan Persib meski terus mentah. Hingga peluit panjang akhir laga dibunyikan, tak ada lagi gol yang tercipta dan pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Bek Persib Bandung, Ardi Idrus (kiri) tengah berduel dengan penyerang PS Sleman, Arsyad Yusgiantoro (kanan) pada laga semifinal leg pertama Piala Menpora 2021, 16 April 2021

Susunan Pemain

PS Sleman (4-3-3): Ega Rizky; Arthur Irawan, Fabiano Beltrame, Mario Maslac, Derry Rachman; Bagus Nirwanto, Aaron Evans, Kim Kurniawan; Irfan Jaya, Saddam Gaffar, Nico Velez;

Pelatih: Dejan Antonic

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan; Supardi, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi; Ezra Walian, Wander Luiz, Frets Butuan;

x

Check Also

Ganti Sponsor Baru, Logo Liga 1 2021/22 Berubah Jadi Biru

Jakarta – Pada kompetisi Liga 1 2021/22 mendatang, kabarnya akan berganti sponsor, yang sebelumnya disponsori ...