Home > Berita Liga Spanyol > Sang Jendral Lapangan Andalan Barcelona, Frenkie de Jong

Sang Jendral Lapangan Andalan Barcelona, Frenkie de Jong

Barcelona kini telah memiliki andalan baru dalam urusan umpan dalam diri Frenkie de Jong yang bertugas sebagai jenderal dan metronom di atas lapangan. Resmi mendaratkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2019. Barcelona rela menebusnya dengan mahar senilai 75 juta euro (sekitar Rp 1,28 triliun).

Pada musim debutnya membela Barcelona, penampilan De Jong dinilai belum seapik kala berbaju Ajax. Di bawah era Ernesto Valverde, walaupun gelandang asal Belanda tersebut memang sering dimainkan sebagai starter. Namun, Ernesto Valverde tak pernah tahu posisi yang cocok untuk De Jong dalam line-up pilihannya.

Banyak posisi dimainkan oleh De Jong, sempat bermain di posisi gelandang bertahan, gelandang kiri, dan gelandang tengah. Ketika kepemimpinan pelatih beralih ke Quique Setien, De Jong masih bisa mengamankan posisinya di skuad inti. Namun, sosok penting dalam skema permainan Quique Setien bukanlah De Jong, melainkan Sergio Busquets.

Walaupun demikian, kemampuan De Jong dalam mengawal lini tengah dan menggalang permainan mampu memaksa Arthur Melo cabut ke Juventus.

Akhirnys setelah setahun setelah menjalani adaptasi di Barcelona, peranan pemain berusia 23 tahun tersebut semakin penting. De Jong menjadi sosok metronom dalam strategi racikan Ronald Koeman pada musim 2020-2021.

Bahkan dirinya menjadi salah satu pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Spanyol musim ini. Dengan catatan penampilan sebanyak 28 kali di Liga Spanyol dan hanya melewatkan laga sebanyak 154 menit.

Yang hebatnya, tidak . . . Gabung . . . ada pemain di Liga Spanyol yang memiliki jumlah operan lebih banyak darinya saat ini. Dilansir dari Marca, torehan umpan yang dihasilkan oleh De Jong menjadi yang tertinggi di LaLiga musim ini. Dengan membuat 2129 umpan dengan 1952 umpan akurat.

Tingkat akurasi umpan yang dihasilkan oleh eks akademi Willem II itu menyentuh rerata hingga 91,7 persen.

Tak heran jika ruh permainan Barcelona semua berpusat dari kaki dan umpan De Jong. Statistik apik dari De Jong begitu mengesankan mengingat dirinya tidak selalu tampil sebagai gelandang tengah, peran favoritnya.

Bahkan Ronald Koeman sempat memasangnya empat kali sebagai bek tengah di Liga Spanyol. Peran darurat ketika Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Ronald Araujo absen akibat cedera. Adapun torehan hebat De Jong sebagai pengoper terbanyak di Liga Spanyol juga diikuti dua rekannya di Barcelona.

Di posisi lima besar, nomor dua ditempati oleh Dani Parejo dari Villarreal, diikuti Sergio Busquets, lalu gelandang Real Madrid, Toni Kroos, dan Jordi Alba melengkapi daftar.

x

Check Also

Karim Benzema Tetap Percaya El Clasico Masih Yang Terbaik Meski Minim Pemain Bintang

Madrid – Pada saat ini El Clasico sudah tidak lagi bertabur bintang seperti era sebelumnya.Namun ...