Home > Berita Liga Spanyol > Rela Berikan 28 Tendangan Pinalti Buat Rekan Setim, Bukti Messi Sangat Bermurah Hati

Rela Berikan 28 Tendangan Pinalti Buat Rekan Setim, Bukti Messi Sangat Bermurah Hati

Sepanjang kariernya bersama Barcelona, Lionel Messi terkenal sangat murah hati dengan sering memberikan kesempatan kepada rekan setim untuk mencetak gol.

Bagi penyerang “level Dewa” sekelas Lionel Messi, dia bisa mencetak gol melalui berbagai cara, termasuk tendangan penalti. Performanya terlihat selalu lapar akan gol dalam setiap pertandingan.

Namun, ada banyak momen di mana Messi tidak serakah dan memberikan kesempatan kepada rekan setimnya untuk kebagian membuat gol melalui titik putih. Kejadian terbaru muncul ketika Barca menggilas Getafe 5-2 dalam lanjutan Liga Spanyol, Kamis (22/4/2021).

Dalam kondisi sudah menyumbang dua gol, Messi berpeluang mengukir hattrick ketika penalti diberikan wasit kepada Barcelona di ujung pertandingan. Bukannya mengambil sendiri, dia menyerahkan kesempatan menembak kepada Antoine Griezmann, yang belum menyumbang gol di laga itu. Griezmann pun tak menyia-nyiakan pemberian dari Messi dan sukses mencetak gol kelima Barca ke gawang Getafe.

Hal seperti ini bukan yang pertama kali La Pulga memberikan tendangan penalti buat rekan setim. Menurut data Sport.es, sebagai algojo utama, Lionel Messi total mengambil 105 kali eksekusi penalti di Barcelona.

Selain itu, dia membagi kesempatan menendang 28 kali buat rekan seklubnya. Dengan kata lain, Messi sendiri merelakan 27 persen kans bikin gol dari titik putih untuk menolong temannya masuk papan skor.

Lionel Messi dan Neymar Junior.

Pemain yang paling sering mendapatkan hadiah limpahan tendangan penalti yang menurut aturan diambil Messi ialah Neymar Jr. Total, Neymar diberi 11 kali kesempatan menendang penalti. Namun, rapor penyerang Brasil yang kini memperkuat Paris Saint-Germain itu soal tembakan 12 pas cukup jelek. Dari 11 tendangan itu, Neymar cuma menjadikan 6 gol.

Pemain kedua yang paling banyak diberi hadiah mencetak gol via penalti . . . Gabung . . . oleh Messi adalah Luis Suarez dengan jumlah 9 kali. Sosok berikutnya ialah senior Messi di Barcelona, Samuel Eto’o. Walau jauh lebih muda, Messi lebih dipercaya menjadi algojo utama klub ketika Eto’o masih bercokol di Camp Nou. Tiga kali Eto’o menendang dari titik putih untuk menggantikan tugas Messi.

Griezmann menjadi penerima hadiah terbanyak berikutnya dengan jumlah dua kali kesempatan. Sebelum di laga kontra Getafe kemarin, ia mencetak gol via penalti ke gawang Gimnastic di partai uji coba pada September 2020, yang menandakan lesakan pertamanya musim ini.

Philippe Coutinho juga diberi kesempatan dua kali mengambil penalti. Salah satunya krusial karena terjadi dalam final Copa del Rey 2018, di mana Barca mencukur Sevilla 5-0.

Sementara itu, sisa satu hibah tembakan penalti yang direlakan Messi kepada rekan setim menjadi milik Zlatan Ibrahimovic.

Zlatan Ibrahimovic dan Lionel Messi saat membela Barcelona.

Momennya pada duel kontra Zaragoza di Liga Spanyol, Maret 2010. Messi yang kala itu sudah mencetak tiga gol berpeluang melengkapinya menjadi quattrick di menit-menit akhir saat Barca mendapat penalti. Dia merelakan kesempatan itu dengan memilih memberikan jatah penalti buat Ibrahimovic.

Sang bomber Swedia mencetak gol penutup dalam kemenangan 4-2 Barcelona, lalu merangkul Messi sebagai tanda terima kasih.

x

Check Also

Komentar Luis Figo Legenda Real Madrid Dijadikan Bahan Julid Sang Mantan Bos

Nama Luis Figo disebut-sebut dalam salah satu rekaman suara Florentino Perez yang dibuka ke publik. ...