Home > Berita Liga Indonesia > PSS Sleman vs Bali United, Pertarungan Dua Pelatih Asing Berpengalaman

PSS Sleman vs Bali United, Pertarungan Dua Pelatih Asing Berpengalaman

Jakarta – PSS Sleman akan berhadapan dengan Bali United pada laga perempat final turnamen Piala Menpora 2021, yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (12/4/2021) malam WIB.

Laga antara PSS Sleman vs Bali United ini bisa dikatakan sebagai pertarungan dua pelatih asing kaya pengalaman, yakni antara Dejan Antonic yang menangani PSS Sleman, dan Stefano Cugurra Teco di kubu Bali United.

Di dalam prestasi menangani klub di Indonesia, Teco sepertinya lebih unggul karena pelatih asal Brasil ini pernah membawa Persija menjadi juara Liga 1 2018, dan setelah itu membawa Bali United meraih prestasi yang sama pada tahun 2019.

Teco memulai karirnya di Indonesia pada 2004 lalu sebagai pelatih fisik dan asisten pelatih di Persebaya Surabaya.

Bersama Persebaya, Teco sempat ikut merasakan trofi juara di Liga Indonesia 2006.

Sementara karir sebagai pelatih baru diawali Teco pada 2009 bersama klub Malaysia, Kuala Muda Naza. Kemudian ia bergabung bersama klub Thailand, Chiangrai United, pada 2010 dan membawa klub tersebut promosi ke Thai League.

Setelah meninggalkan Chiangrai United, Teco sempat menangani tiga klub Thailand lainnya, yakni Phuket, Osotspa Samut Prakan, dan Royal Thai Navy.

Pada 2017 Teco kemudian bergabung bersama Persija Jakarta dan membawa tim Macan Kemayoran finish di urutan ke empat Liga 1 2017.

Pada tahun berikutnya, Teco membawa Persija menjadi juara turnamen pramusim Piala Presiden pada 2018, dan juara Liga 1 2018.

Pada tahun 2019, Teco menerima pinangan Bali United dan sukses membawa Serdadu Tridatu menjadi juara Liga 1 2019.

Sementara itu, pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic, belum merasakan prestasi selama berkarir di Indonesia. Meski demikian, pemegang lisensi Pro EUFA ini juga memiliki banyak pengalaman dalam menangani tim sepak bola.

Dejan Antonic memulai kariernya sebagai pelatih pada 2005 bersama Kitchee SC.

Ia bahkan mampu membawa Kitchee SC menjadi juara pada tahun pertamanya sebagai pelatih, yakni pada ajang Hong Kong League Cup 2005 dan Hong Kong Senior Shield Cup 2006.

Kemudian pada 2008, Dejan berhasil mengantarkan Kitchee SC ke Piala AFC. Sebelumnya, Dejan Antonic sempat mendapat gelar “Coach of The Year” pada 2006 dan terpilih sebagai pelatih Hong Kong League XI pada Carlsberg Cup.

Dejan kemudian ditunjuk sebagai sebagai pelatih Timnas Hong Kong untuk persiapan laga kualifikasi Asian Cup 2011.

Pada 2012, Dejan menjadi pelatih Arema Indonesia sebelum akhirnya melatih Pro Duta FC pada 2013. Kemudian menangani Pelita Bandung Raya (PBR) kemudian merasakan juga sebagai pelatih Persib Bandung.

Satu-satunya prestasi yang diraih Dejan Antonic yakni membawa Arema Indonesia lolos ke perempat final Piala AFC 2012.

Karena itu, di ajang Piala Menpora 2021 ini menjadi kesempatan bagi Dejan Antonic untuk meraih prestasi bersama PSS Sleman.

x

Check Also

Liga 1 2021 Kemungkinan Besar Tanpa Degradasi

Jakarta – Wacana soal tidak adanya degradasi pada kompetisi Liga 1 2021 semakin santer terdengar. ...