Home > Berita Liga Indonesia > PSM Tidak Turunkan Pemain Akademi Karena Pengaruh Jadwal Piala Menpora

PSM Tidak Turunkan Pemain Akademi Karena Pengaruh Jadwal Piala Menpora

Syamsuddin Batola, pelatih klub PSM Makassar, menjelaskan alasan tidak memainkan pemain pemain akademi di Piala Menpora 2021.

Pelatih berusia 53 tahun ini mengaku telah menyusun rencana untuk menurunkan empat pemain akademi sejak menit awal pada laga melawan Borneo FC, Rabu (31/03/21).

Keempat produk akademi tersebut antara lain ialah Renaldi, M Rifki Maulana Jalil, M Farhan Rahman, dan M Fachri yang turut dibawa ke Malang bersama 22 pemain lain.

Namun, hanya Rifki dan Farhan yang mendapat menit bermain saat melawan Borneo FC. Itu pun, mereka baru dimainkan di menit ke-90 sebagai pemain pengganti.

Batola menuding jadwal laga pamungkas di Grup B Piala Menpora 2021 sehingga tidak melakukan banyak perubahan pada starting eleven andalannya.

Karena pertandingan antara Persija Jakarta melawan Bhayangkara Solo FC harusnya digelar lebih dulu atau paling tidak bersamaan dengan laga PSM Makassar versus Borneo FC.

Sebab sebelun laga pamungkas tersebut digelar, tiga klub (selain Borneo FC) memiliki peluang yang sama besar untuk melaju ke Babak 8 Besar.

“Saya kan melihat kondisi tim juga, diposisi mana kami seharusnya di klasemen akhir Grup B,” ungkap Syamsuddin Batola, Senin (05/04/21).

“Seandainya Persija (Jakarta) yang duluan bermain saya pasti akan memainkan banyak pemain muda pada laga terakhir,” kata pelatih sepak bola berlisensi A AFC ini lagi.

Kemudian, Batola ikut mempersoalkan jadwal Persija Jakarta yang selalu mendapat jatah bermain pada malam hari sejak laga pertama hingga terakhir Grup B Piala Menpora 2021.

“Semua kan tahu mereka selalu bermain malam, mestinya kan pada laga terakhir jadwalnya bersamaan dengan kami di sore hari,” ujar pelatih PSM Makassar U-20 pada musim lalu ini.

“Makanya saya mempertahankan pemilihan pemain. Apalagi saya kan juga sebelum laga resmi telah mencoba seluruh pemain jadi siapa yang siap dia yang saya pasang,” pungkasnya.

Walaupun demikian, PSM Makassar tetap berhasil melaju ke Babak 8 Besar Piala Menpora 2021 dan akan bertemu Juara Grup A, PSIS Semarang, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (09/04/21).

x

Check Also

Kabar Gembira, Pemerintah Buka Peluang Kompetisi Dihadiri Suporter

Malang – Penerapan protokol kesehatan yang ketat selama penyelanggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mendapatkan ...