Home > Berita Bola > Bola Internasional > Perez Khinati UEFA, Beri Subsidi Untuk Tim Yang Bergabung Liga Super Eropa

Perez Khinati UEFA, Beri Subsidi Untuk Tim Yang Bergabung Liga Super Eropa

Florentino Perez, ketua Liga Super Eropa sekaligus juga presiden Real Madrid saat ini, ternyata menggoda tim-tim yang ikut kompetisinya kompetisinya dengan hadiah diluar nalar.  Sehingga UEFA sampai kalah bersaing dengannya.

Setelah bertahun-tahun jalankan kompetisi besar di Benua Biru, baik dalam tingkat domestik dan tingkat lanjut (Liga Champions dan Liga Europa), federasi sepak bola Eropa mendapatkan pesaing baru dengan pentas yang tak kalah fenomenal.

Forum yang dihelat oleh para petinggi klub-klub besar seperti Stan Kroenke (Arsenal), Andrea Agnelli (Juventus), John W. Henry (Liverpool), Joel Glazer (Manchester United), dan Perez (Real Madrid) mencetuskan kompetisi baru.

Ya, bertajuk Liga Super Eropa, Perez selaku orang nomor satunya menjanjikan pertandingan sepak bola yang beda dari lainnya.

Ia berkata: “Kami akan membantu sepak bola dari tiap tingkatan berbeda dalam satu tempat yang pantas,” dilansir Marca.

“Sepak bola adalah olahraga dengan tingkat global dan sangat digandrungi di dunia. Sudah ada 4 miliar fans saat ini dan sudah jadi tanggung jawab kami untuk berikan timbal balik bagi para pecintanya,” imbuhnya lagi.

Pentas yang notebene elit ini sendiri telah resmi menarik minat 12 klub berbeda dari liga berbeda pula. Sebut saja ‘The Big Six’ Liga Inggris, tiga tim besar Serie A Liga Italia, hingga tiga tim ternama LaLiga Spanyol. Melihat kompetisinya bakal ditinggalkan, UEFA pun berikan berbagai ancaman yang patut disesali selusin tim tersebut. Namun, ultimatum tersebut nampaknya tak seberapa dengan hadiah menggiurkan di depan mata.

Melansir laman Sportbible dinukil dari New York Times, dengan diselenggarakanya pentas terakbar seantero Eropa ini akan membuat partisipannya diganjar bayaran 400 juta dollar AS (Rp5,8 triliun) setahun.

Jumlah ini sendiri bisa dibilang empat kali lipat dari tawaran UEFA, terutama saat banyak klub ikut serta dalam gelaran Liga Champions. Yakin bisa berikan jumlah fantastis tersebut, darimana sumber pamasukannya? Media lain melaporkan jika bank JP Morgan tertarik mengucurkan dana sebagai sponsor hingga 6 miliar euro (Rp104 triliun).

Nantinya pihak DAZN bakal memegang hak siar dengan investasi tambahan sebesar 3,5 miliar dollar AS (Rp50 triliun). Belum termasuk sponsor-sponsor lain, tak heran membuat 12 klub yakni Man United, Arsenal, Tottenham, Chelsea, Man City, Liverpool, AC Milan, Inter Milan, Juventus, Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid terperdaya.

Awalnya direncanakan bakal ada 15 klub pendiri yang akan turut memeriahkan kompetisi ini, Bayern Munchen selaku wakil Jerman yang sempat menolak pun akhirnya tertarik untuk bergabung. Sementara PSG dilaporkan ‘loyal’ dengan pentas naungan UEFA.

Liga Super Eropa kabarnya baru bisa bergulir 2023-2024 mendatang, tapi tak menutup kemungkinan akan gelar debutnya pada bulan Agustus nanti. Iming-iming makin kaya oleh Perez bukan hal aneh tim-tim partisipannya mulai tinggalkan kompetisi yang dihelat UEFA.

 

x

Check Also

Inilah Starting XI Dari Pemain Bebas Transfer Musim Depan

Kompetisi 2020-2021 akan segera berakhir. Selain persaingan gelar, spekulasi tentang masa depan pemain juga menjadi ...