Home > Berita Liga Indonesia > Menpora Gelar Rakor Evaluasi Piala Menpora 2021, Ini Empat Kesimpulannya

Menpora Gelar Rakor Evaluasi Piala Menpora 2021, Ini Empat Kesimpulannya

Jakarta – Piala Menpora 2021 telah usai digelar dengan Persija Jakarta keluar sebagai juaranya setelah mengalahkan Persib Bandung di babak final.

Untuk evaluasi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, di Wisma Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Selain Mochamad Iriawan, rakor tersebut juga dihadiri oleh Asops Kapolri, Imam Sugianto, Satgas COVID-19, Alexander Ginting, Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus.

“Tadi kami mengadakan rakor yang membahas evaluasi penyelenggaraan Piala Menpora, dan juga membicarakan tentang kejadian setelah turnamen ini ditutup yakni selebrasi kegembiraan yang berlebihan dari pendukung Persija di Jakarta, dan kekecewaan yang berlebihan dari pendukung Persib di Bandung,” ungkap Zainudin Amali, usai rakor.

“Tadi juga kami menghadirkan pihak Persija, dan juga yang membidangi urusan suporter,” jelasnya.

Dari hasil rakor tersebut, menghasilkan empat kesimpulan yang telah disepakati sebagai bahan evaluasi.

Yang pertama, pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang dimulai pada 21 Maret hingga 25 April lalu berjalan dengan tertib, lancar, aman, dan menerapkan protokol kesehatan (protkes) . . . Gabung . . . ketat.

“Kedua tentang kejadian yang muncul setelah turnamen Piala Menpora ditutup, baik di Jakarta maupun di Bandung, sekarang sedang ditangani oleh pihak Kepolisian, dan sedang didalami. Apabila ditemukan unsur-unsur yang mengandung pelanggaran hukum, tentu Mabes Polri akan melakukan penindakan hukum,” jelas Zainudin Amali.

“Ketiga terkait dengan suporter, kami berkesimpulan bahwa kami akan melakukan pembinaan lebih serius lagi. Itu PSSI dan LIB yang akan melakukan,” sambungnya.

“Keempat menyangkut penerapan PPKM skala mikro yang sekarang sedang dilakukan oleh pemerintah. Itu nanti untuk kegiatan-kegiatan berikutnya juga akan melibatkan instrumen-instrumen PPKM skala mikro yang ada di tingkat desa dan kelurahan, maupun aparat TNI dan Polri yang ada di tingkat desa dan kelurahan,” ucap Menpora.

x

Check Also

Boaz Solossa ke Borneo FC, Yustinus Pae Gabung Dewa United

Jakarta – Klub Liga 2, Dewa United, secara resmi merekrut mantan pemain Persipura Jayapura, Yustinus ...