Home > Copa Del Rey > Menjelang El Clasico Terbesar Kedua Spanyol, Copa Del Rey

Menjelang El Clasico Terbesar Kedua Spanyol, Copa Del Rey

Malam ini Athletic Bilbao akan bertemu Barcelona dalam laga final Copa del Rey 2020-2021 di kota Seville, Spanyol, Minggu (18/4/2021) pukul 02.30 WIB.

Pertemuan Bilbao dan Barcelona boleh dikatakan merupakan salah satu laga paling besar di jagad sepakbola Spanyol.

Kedua tim termasuk dalam kelompok tim tertua di Spanyol dan selalu ikut dalam setiap musim kompetisi tertinggi Liga Spanyol, La Liga.

Catatan sejarahnya, kedua tim telah sembilan kali bertemu di final Copa del Rey. Kedua tim adalah tim tersukses sepanjang sejarah Copa del Rey.

3 Duel Seru Barcelona Vs Athletic Bilbao di Final Copa del Rey -  bolaskor.com

Barcelona sebagai tim tersukses dengan 30 kali juara, Bilbao ada di tangga kedua dengan 23 kali juara, unggul dari Real Madrid yang ada di tempat ketiga dengan 19 kali juara.

The Cup Final Fight 1984: Maradona finished cakes

Pertemuan Bilbao dan Barcelona juga merupakan laga yang paling sering dimainkan terbanyak ketiga di Spanyol. Posisi pertama dan kedua diisi laga masing-masing klub lawan Real Madrid.

Karena catatan semua ini pula pertemuan Bilbao dan Barcelona sering juga disebut sebagai laga Clasico.

Clasico adalah istilah yang digunakan di Spanyol untuk merujuk kepada laga besar dan tradisional, namun kedua tim tak berasal dari daerah yang sama atau bukan laga derbi.

Laga Clasico terbesar dan paling terkenal tentu saja El Clasico yang mempertemukan Barcelona dan Real Madrid. Dan laga Bilbao vs Barcelona bisa dibilang sebagai . . . Gabung . . . laga Clasico terbesar kedua setelah laga tersebut.

Kedua tim dulunya memiliki persaingan panas pada tahun 1980-an, namun saat memasuki milenium baru persaingan ini hilang karena status keuangan klub yang makin berbeda dan semakin hilangnya elemen lokal dalam laga kedua tim.

Kedua tim secara keseluruhan telah bertemu 231 kali pada laga resmi, dengan Barcelona lebih sering menang dengan 116 kali, Bilbao menang 77 kali, 38 laga sisanya berakhir imbang.

Prediksi Final Copa Del Rey: Athletic Bilbao vs Barcelona

Pemain yang paling sering tampil dalam duel adalah Agustin Gainza, dengan tampil di 42 laga, sedangkan Lionel Messi jadi yang paling banyak cetak gol dengan 27 gol.

Kemenangan terbesar dalam duel ini dicatat Bilbao saat menang 12-1 lawan Barcelona di La Liga, Februari 1931. Barcelona paling besar menang 7-0 lawan Bilbao yang terjadi di La Liga, Februari 2001.

Setidaknya ada 15 pemain yang pernah berlaga untuk kedua klub di La Liga, termasuk Andoni Zubizarreta hingga Ernesto Valverde.

Dan Ernesto Valverde juga termasuk satu dari empat pelatih yang pernah menukangi dua klub tersebut.

x

Check Also

Aritz Aduriz Bosan Dengan Dominasi Barcelona dan Real Madrid

Madrid – Aritz Aduriz berharap menutup kariernya dengan memenangkan Copa del Rey, selagi mengaku bosan ...