Home > Berita Liga Spanyol > Mengenang 7 Tahun Meninggalnya Eks Pelatih Barcelona

Mengenang 7 Tahun Meninggalnya Eks Pelatih Barcelona

Hari ini tujuh tahun lalu, dunia sepakbola dikejutkan dengan kabar meninggalnya Tito Vilanova. Apa yang terjadi?

Tito Vilanova adalah seorang pelatih muda dan kariernya terlihat begitu cerah bersama Barcelona. Ia mendapat kepercayaan melanjutkan posisi Pep Guardiola, dengan langsung menunjukkan tajinya.

Memang, penampilan klubnya di Liga Champions memang kurang memuaskan, tapi di kancah domestik Blaugrana menjadi rajanya. Masa depan pun seolah terbentang lebar di hadapan pelatih asal Spanyol itu.

Akan tetapi, kanker tenggorokan menghentikan kariernya dalam manajemen sepakbola. Walau usianya masih terbilang muda sebagai seorang pelatih, 45 tahun, Vilanova terpaksa tutup usia. Kanker mengalahkannya dalam pertarungan, tapi Barcelona tidak akan membiarkan kenangan akan dirinya menguap begitu saja.

“Dengan duka cita, Barcelona mengumumkan bahwa Francesc ‘Tito’ Vilanova meninggal dunia hari ini di usia 45 tahun,” ungkap pernyataan resmi Blaugrana saat itu.

“Kepergian mantan pelatih kami ini terjadi di siang hari ketika ia tak bisa mengalahkan penyakit yang telah ia hadapi sejak 2011.”

Vilanova pertama kali mengetahui penyakitnya di November 2011, ketika masih menjadi asisten Pep, dan sempat absen karena menjalani operasi. Produk akademi Barcelona itu baru kembali di musim selanjutnya, ketika ia ikut serta berperan dalam prestasi Barca memenangkan LaLiga dengan memecahkan rekor 100 poin.

Tumor keduanya diangkat pada Desember . . . Gabung . . . 2012 dan ia beberapa kali terbang ke New York untuk menjalani perawatan.

April 2013, Vilanova mengaku baik-baik saja dan bersikeras tak ingin menyerah. Ia menyelesaikan musim itu, mengklaim gelar LaLiga, tetapi terpaksa mundur karena tubuhnya mengalami penurunan kondisi secara drastis.

Padahal dalam periode tersebut Vilanova merupakan asisten Pep yang cukup berprestasi. Mereka berdua berhasil membawa pulang 14 trofi dari 19 yang mungkin diraih.

Setelah Pep mundur, Vilanova mengambl alih jabatannya, lalu berhasil menjuarai LaLiga. Sayang, mereka gagal mempertahankan gelar Liga Champions karena kalah dengan agregat 7-0 di semi-final melawan Bayern Munich.

Tepat pada tanggal 25 April 2014, tujuh tahun silam, Vilanova tutup usia. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu kalah dalam pertarungan melawan sel kanker.

Adapun Barcelona memberikan persembahan khusus sebagai simbol penghormatan, disusul dengan banner raksasa sebagai peringatan akan dirinya. Adiós, Vilanova!

x

Check Also

Atletico Madrid Meraih Kemenangan 2-1 Atas Espanyol , Antoine Griezman Ikut Jadi Starter

Madrid – Dalam laga pekan ke-4 LaLiga yang digelar di RCDE Stadium, Minggu (12/9/2021) malam ...