Home > Berita Liga Spanyol > Juarai Copa Del Rey, Barcelona Memasuki Era Baru

Juarai Copa Del Rey, Barcelona Memasuki Era Baru

Barcelona menang dengan skor telak 4-0 atas Athletic Bilbao di final Copa del Rey, Minggu (18/4/2021) dini hari WIB. Barcelona pun merayakan gelar Copa del Rey ke-31 di Stadion Olimpico de Sevilla. Barcelona sempat kesulitan dan gagal mencetak gol pada babak pertama.
Tapi, pada babak kedua, Barcelona mencetak empat gol lewat aksi Antoine Griezmann, Frenkie de Jong dan Lionel Messi [2 gol].

Baca Juga : Barcelona Juara Copa Del Rey, 4 Gol Dalam 12 Menit

Barcelona mendapatkan gelar juara pertamanya bersama sang pelatih, Ronald Koeman. Hasil ini sekaligus membalas kekalahan dari Bilbao pada laga final Supercopa de Espana lalu. Lalu, pelajaran apa yang bisa dipetik dari pertandingan final Copa del Rey?

Era Baru Barcelona

‘The first of a new era’ adalah kalimat yang tertera di baju Barcelona saat mengangkat trofi Copa de Rey. Secara harafiah, kalimat itu bisa diartikan dengan ‘yang pertama dari era baru’. Benar, Barcelona sekarang memulai era baru. Era baru di bawah kendali Joan Laporta.
Era baru setelah periode yang sulit sepanjang musim 2019/2020 lalu dengan nirgelar dan setumpuk masalah internal.

Barcelona sudah meraih Copa de Rey sebagai tanda dimulainya era baru. Sekarang, mereka tentu saja membidik gelar juara La Liga 2020/2021.

Frenkie de Jong Gemilang

Frenkie de Jong Gemilang

Lionel Messi tampil bagus dan mendapat banyak pujian. Tapi, jangan lupakan performa brilian yang juga ditunjukkan Frenkie de Jong pada final Copa de Rey. Pemain asal Belanda tampil sangat dominan dalam mengalirkan bola. Dia menjadi pengatur ritme permainan klub asal Catalan.
Frenkie de Jong juga mencetak satu gol pada duel ini. Selain satu gol, De Jong juga membuat dua assist. Satu untuk gol Antoine Griezmann pada menit ke-60 dan satu lagi untuk gol indah Messi pada menit . . . Gabung . . . ke-72.

Nelangsa Bilbao

Athletic Bilbao menjalain pekan yang berat, atau lebih tepatnya nelangsa. Karena, mereka memaikan dua pertandingan final Copa del Rey pada dua pekan terakhir. Nelangka bagi Bilbao karena mereka kalah pada dua pertandingan final itu. Sebelum kalah dari Barcelona, Bilbao juga kalah dari Real Sociedad pada pertandingan final Copa del Rey musim 2019/2020 yang baru digelar pada 4 Apri 2021 yang lalu.

Mitos Sentuh Trofi

Percaya atau tidak, ada mitos kalau seorang pemain dilarang memegang trofi saat masuk lapangan di pertandingan final. Mitos itu kembali terbukti jitu pada final Copa del Rey musim 2020/2021. Pemain Bilbao, Iker Muniain, kedapatan menyentuh trofi saat masuk lapangan. Muniain tampil buruk di pertandingan ini.
Dia bahkan harus digantikan pemain lain saat babak kedua dimulai. Jadi, benarkah menyentuh trofi di pertandingan final membawa sial?

The GOAT Bakal Pindah?

The GOAT Bakal Pindah?

Lionel Messi memberi keterangan pers setelah final Copa del Rey. Fans Barcelona tentu berharap ini jadi momen Messi mengumumkan akan meneken kontrak baru. Tapi, itu tidak terjadi. Messi hanya bicara tentang apa yang dirasakan setelah menjadi juara.

“Ini adalah gelar Copa yang sangat spesial karena saya sendiri yang mengangkat trofinya,” kata Messi dikutip dari Marca.

Kontrak Messi akan habis pada Juni 2021 nanti. Belum ada kontrak baru yang disepakati. So, apakah trofi ke-35 ini akan jadi yang terakhir bagi La Pulga?

x

Check Also

Sulit Bagi Barcelona Lepas Antoine Griezmann ke Atletico Ataupun Premier League

Barcelona masih berusaha keras mencari klub baru untuk Antoine Griezmann. Transfer ini tidak mudah, tidak ...